Masak Makanan Favorite, Yuk!

Memasak masakan lokal yang sehat dan enak itu ternyata tidak terlalu sulit. Ya sebenarnya relatif juga sih tergantung jenis masakannya, hehe. Tapi setidaknya untuk beberapa makanan sunda favorite, saya sudah bisa membuatnya sendiri. Maksudnya betul-betul dimasak sendiri dari awal, dengan bumbu-bumbu yang dipilih sendiri juga. Tidak ada campur tangan Ibu. Dulu, saya menganggap kalau kemampuan […]

Beberapa Jenis Tumbuhan Yang Bisa Dijadikan Lalapan & Sayur

Setelah mengobrol sama Mbak Medi soal sayur-sayuran, akhirnya selesai juga menulis soal dedaunan (dan sejenisnya) liar yang ditemukan di kampung saya. Pernah ada peribahasa seperti ini ‘ngasih makan orang sunda itu gak sulit, cukup simpan mereka di kebun atau ladang juga sudah bisa bertahan hidup’, haha. Itu artinya, karena mungkin mayoritas orang-orang kampung di sunda […]

The art of making sambel [bonus track : gula merah kawung]

Update Ibu-ibu dan sebagian besar perempuan di desa saya bilang ‘salah satu keberhasilan perempuan dalam kehidupan rumah tangga itu dinilai dari masakannya, terutama sambel! Jadi kalau sambelnya enak, maka masakannya juga enak dan bisa memuaskan suami’. Mitos apalagi ini ya? Saya sempat tidak mempercayainya. Kalaupun tidak bisa bikin sambel yang enak, ya tinggal belajar bikin […]

Membuat Cemilan Rumahan Khas Sunda

Camilan favorit di rumah adalah Lagendar, atau biasa disebut gendar. Di tulisan sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang Lagendar. Nah, kali ini juga saya masih seneng mencoba membuat makanan lain yang bisa dijadikan cemilan buatan rumah dengan bahan ala kadarnya tapi lumayan enak juga. Cemilan khas kampung =D. Oya, sebenarnya ini juga bukan saya yang bikin […]

Membuat Lagendar

Lagendar atau biasa disingkat Gendar adalah camilan khas berasal dari daerah sunda. Mungkin sudah jarang ditemukan di toko, ataupun jika ada, rasanya tidak akan seenak Lagendar yang dibuat sendiri. Ibu saya sering membuat Lagendar untuk camilan di rumah, karena di rumah jarang sekali ada makanan ringan yang dibeli dari luar. Selain Lagendar, Ibu kadang membuat […]