Masak Makanan Favorite, Yuk!

Memasak masakan lokal yang sehat dan enak itu ternyata tidak terlalu sulit. Ya sebenarnya relatif juga sih tergantung jenis masakannya, hehe. Tapi setidaknya untuk beberapa makanan sunda favorite, saya sudah bisa membuatnya sendiri. Maksudnya betul-betul dimasak sendiri dari awal, dengan bumbu-bumbu yang dipilih sendiri juga. Tidak ada campur tangan Ibu.

Dulu, saya menganggap kalau kemampuan memasak saya betul-betul payah. Tapi itu ternyata karena saya tidak mau mencoba, males, dan terlalu banyak alesan sehingga tidak ada keberanian untuk bereksperimen dengan masakan. Setelah mencoba beberapa kali, ternyata gak sulit-sulit amat, asal tahu rumus dasarnya. Tapi, ini tentu berlaku untuk menu-menu sunda yang biasa saya santap sehari-hari. Saya masih belajar dari masakan yang paling mudah dan available di sekeliling dulu.

Btw, di rumah saya tidak ada freezer/kulkas/lemari es. Saya sebetulnya gak terlalu suka mengawetkan makanan di lemari es karena meyakini bahwa kandungan asli makanan tersebut akan berubah. Jadi selama ini saya selalu membeli bumbu dan bahan masakan di warung dekat rumah saja, seperlunya, tidak menimbun bahan-bahan dalam jumlah banyak. Memang sih sudah kepikiran akan lebih efektif kalau saya belanja bahan makanan/masakan dalam jumlah banyak dan variatif supaya nanti saya bisa memasak lebih banyak menu dan mencoba hal-hal baru. Banyak item masakan yang gak ada di warung kecil. Yah namanya juga warung di kampung, itemnya ya gitu-gitu aja.

Mungkin ke depannya saya akan mengadakan lemari es di rumah. Jadi memasak lebih gampang dan tidak malas cuma gara-gara bumbunya minim atau bahan masakannya belum tersedia, lalu puyeng mencari apa yang mau dimasak di warung (lha di warungnya gak ada apa-apa).

Oya, rumus dasar memasak bagi saya adalah tercukupinya bawang putih, bawang merah, garam, gula, dan TANPA penyedap rasa. Ketika takaran item-item tersebut sudah pas, maka dijamin masakan akan enak. Beneran lho.

Berikut ini, saya mau membagi resep 3 makanan sunda favorite saya yang baru-baru ini dimasak sendiri, dan saya merasa berhasil dalam memasaknya (baca : enak). Saya atur sendiri jenis bumbunya. Entah kalian akan suka atau tidak. Tapi resep ini dijamin simpel.

1. Sambel tomat

Makan dengan sambel itu bikin makan nambah melulu. Bahan :

  • Tomat
  • Cengek/cabe rawit (bisa dibanyakin untuk yang pengen sensasi pedas)
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Garam
  • Gula merah

Note : untuk yang suka terasi, bisa ditambah terasi sedikit.

Cara membuat : semua bahan di atas, kecuali cengek/cabe rawit, di goreng/dibakar setengah mateng. Kira-kira maksimal 5 menit, jangan sampai mateng. Setelah setengah matang, bahan tersebut diangkat, dan tiriskan sebentar. Siapkan cowet untuk menumbuk sambal.

Setelah agak dingin, semua bahan ditumbuk di cowet beserta cengek/cabe rawit. Tumbuk sampai halus. Setelah itu, siap disantap. Bisa dicocol lalapan apapun.

2. Nasi goreng kecap

Bahan :

  • Nasi
  • Telur ayam
  • Tomat
  • Bawang putih, bawang merah
  • Cengek/cabe rawit (untuk yang suka pedas)
  • Kecap manis
  • Garam
  • Gula pasir
  • Buncis
  • Minyak/mentega

Cara membuat :

Bawang putih, bawang merah, tomat, buncis, cabe rawit dipotong kecil-kecil banget.

Panaskan minyak/mentega. Masukkan semua bumbu kecuali cabe rawit. Aduk-aduk sampai bau bawangnya keluar. Setelah setengah matang, masukkan telur ayam, garam, gula pasir dan diaduk-aduk. Lalu masukkan nasi, aduk kembali. Terakhir, masukkan potongan cabe rawit dan kecap manis.

3.Tempe mendoan

Ini dia makanan kesukaan saya, the most favorite food of all time!

Bahan :

  • Tempe
  • Tepung terigu
  • Bawang putih, bawang merah, bawang daun (agak dibanyakin)
  • Tomat
  • Lada
  • Garam
  • Gula pasir
  • Cengek/cabe rawit

Cara membuat : tempe dipotong tipis-tipis dan lebar (atau sesuai ukuran tempenya), direndam dalam air hangat yang sudah dicampuri garam dan bawang putih yang ditumbuk, biarkan selama 10-15 menit agar menyerap. Sementara itu tumbuk halus semua bumbu kecuali bawang daun dan gula pasir. Campurkan semua bumbu tersebut dengan tepung terigu, lalu aduk sambil dikasih air secukupnya. Jangan terlalu kental dan jangan terlalu cair, secukupnya saja. Lalu masukkan bawang daun dan gula pasir untuk penyedapnya.

Tempe dimasukkan ke dalam adonan tepung, lalu digoreng dalam api sedang. Angkat dan tiriskan setelah tempenya berwarna kecoklatan. Nyammmm sedaaap!

Selamat mencoba \^o^/

*maaf tidak sempat bikin skrinsyut, jadi gambarnya cari saja di google ye*

Leave a Reply

