Filosofi Fashion : Ilusi Tentang Kecantikan dan Penampilan Lebih Menarik

Size really doesn’t matter.

Inner beauty lebih penting.

Begitu kata sebuah pepatah semilyar umat. Tapi apakah betul?

Coba sekarang buka majalah-majalah mode atau cari tulisan tentang fashion dan kecantikan di internet. Kamu akan tahu kalau pepatah itu cuma omong kosong belaka😀

Pada awalnya, ketika saya melihat artikel-artikel di internet tentang bagaimana kamu bisa berpenampilan lebih baik semisal : yang pendek ingin TERLIHAT tinggi, yang gemuk ingin TAMPAK lebih mengecil, yang kurus ingin TAMPAK berisi, yang gelap ingin TAMPAK lebih terang, dan lain sebagainya, rasanya lama-lama jadi muak juga, haha. Dan itu tidak berlaku buat cewek aja lho, cowok juga sama kok. Tips ini-itu bertebaran di mana-mana. Ingat baik-baik kata yang pakai huruf kapital di atas. Cuma TAMPAK/TERLIHAT. Artinya, itu boongan. Aslinya ya tetap tidak berubah.

Baru-baru ini saya baca beberapa artikel fashion mengenai cara mempermak para perempuan berpostur petite agar terlihat lebih tinggi. Oya, petite ini artinya kecil dan pendek. Saya juga baru tahu ada istilah seperti itu. Saya jadi berpikir, memangnya kenapa kalau kita kelihatan lebih tinggi? Bisa lebih cantik, bagus, dan menarik? Ini sama halnya dengan keinginan agar kulit menjadi lebih putih. Seolah-olah berbadan tinggi itu lebih baik dibandingkan pendek.

That is. Ternyata size is really a matter.

Setelah membaca beberapa tulisan, saya berkesimpulan bahwa fashion dan kosmetik itu 11-12, yaitu dua-duanya memberikan ilusi tentang kecantikan dan ‘penampilan yang lebih menarik’. Hanya ilusi saja. Terutama fashion, dan mereka mengakuinya kok. Dalam salah satu artikel misalnya ada penjelasan begini ‘….memberikan ilusi agar kaki lebih panjang/fake long legs’. Kosmetik juga sama. Segala macam benda yang diusapkan ke wajah itu untuk memberikan ilusi warna wajah yang berbeda. Padahal kan aslinya tidak begitu.

Lalu apakah mengikuti fashion itu salah? Ya tentu tidak juga. Bukan soal salah atau benar, tapi balik lagi ke menata ulang cara berpikir soal fashion itu sendiri sehingga kamu tidak percaya secara buta dalam artian memaksakan diri.

Karena memang bagi beberapa orang, penampilan yang menarik bisa membuat mereka lebih percaya diri. Itu tentu bagus. Walaupun tidak harus selalu berpatokan pada rumus para fashion expert, sebetulnya yang paling mendasar dalam berpenampilan adalah kamu nyaman dan percaya diri dengan apa yang kamu pakai. Rasa nyaman dan percaya diri itu akan terpancar menjadi sebuah kekuatan. Kalau memang ilusi-ilusi yang kamu pilih itu aman, ya tidak apa-apa dilakukan. Sebab fashion itu hanyalah salah satu alternative, bukan mutlak sesuatu yang harus dituruti.

JADI, mungkin kamu tidak perlu selalu sinis dengan tips-tips menyangkut fashion. Mempermak penampilan cewek petite misalnya, saya lebih setuju kalau mengubah alasan atau motivasinya. Kalaupun kamu ingin memilih baju yang pas untuk postur yang pendek, itu bukan untuk terlihat lebih tinggi doang, tapi karena memang pakaian tersebut pas dan seimbang untuk ukuran tubuh kamu. Atau karena kamu ingin bereksperimen mencoba sesuatu yang baru, sebab itu adalah hal yang menyenangkan banget! Atau karena memang kamu merasa lebih nyaman dan percaya diri dengan tipe baju tersebut. Cewek dan cowok selalu ingin terlihat cantik dan tampan. Itu wajar kan.

Fashion itu juga memang seni. Tidak ada salahnya mencari ide untuk jenis atau model pakaian yang cocok. Bukan untuk menyenangkan orang lain, tapi tentu untuk menyenangkan dan memuaskan diri sendiri. Yang penting juga, jangan sampai menyulitkan diri sendiri dengan pilihan fashion tersebut. Misalnya, ada tips buat para cewek petite bahwa mereka harus menggunakan high heels. Dan celakanya lagi, heels-nya gak boleh tipe wedges, tapi harus yang lancip. Lagi-lagi untuk mengesankan tinggi. Cih. Merepotkan banget. Saya lebih percaya kalau high heels gak bagus buat kesehatan. Kalau maksa, sebaiknya pakai tipe wedges saja.

Oya sedikit bonus, dari hasil bacaan soal tipe baju yang pas untuk cewek petite itu sebetulnya simpel aja sih. Pakailah baju yang mini-mini, hehe. Maksudnya, sebaiknya memakai pakaian yang pendek banget atau panjang sampai mata kaki sekalian, tidak nanggung-nanggung. Tapi kalau kamu mau memakai baju nanggung yang kamu suka? Ya itu sah-sah aja. Ingat ya, trik atau tips dalam fashion itu cuma ilusi, jangan terlalu taklid menganggapnya sebuah aturan saklek.

Yah siapa sangka bermain-main dengan tipe baju itu bisa begini menyenangkan, hehe.

Selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Kencangkan ikat dompetmu, jangan sampai tergiur dengan jualan-jualan menjelang lebaran! *langsung browsing olshop*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s