Tips (Klise) Mencegah Keputihan Secara Alami Yang Pasti Sudah Kamu Ketahui

Judul dan temanya emang klise banget, dan pasti udah pernah dibahas milyaran kali di mana-mana😀 . Makanya ituu, saya cuma hendak mengingatkan saja.

Soal apa itu keputihan kalian pasti udah pada tahu ya kan…atau bisa baca-baca lagi di sini nih. Keputihan itu adalah cairan kental berwarna putih susu yang keluar dari alat kelamin perempuan. Kenapa dinamakan ke-putih-an? Entah ya gimana sejarahnya, tapi mungkin karena warnanya putih, jadi disebut keputihan. Kalau warnanya bening mungkin jadi kebeningan, kuning jadi kekuningan dan hitam jadi kehitaman ya? Hehe.

Menurut saya, keputihan itu pada dasarnya bukan penyakit. Sifat alamiahnya alat kelamin perempuan memang begitu, adanya cairan yang keluar pada saat tertentu. Laki-laki juga sama kan? Keputihan jadi menganggu jika berubah menjadi abnormal yaitu disertai gatal atau bau tidak sedap sehingga harus diminimalisir. Sama lah kayak bau badan yang berasal dari ketek, bisa menimbulkan rasa kurang nyaman, apalagi bau ketek mah bisa bikin orang lain juga jadi gak nyaman. Bau badan atau ketek seringnya disebabkan karena adanya kuman atau bakteri. Si kuman/bakteri itu muncul karena kurang menjaga kebersihan tubuh. Naaah, alat kelamin juga sama begitu.

Pada umumnya, cairan kental putih susu tersebut sering keluar pada saat perubahan hormon menjelang atau pasca menstruasi, stress dan kecapean, kurang minum atau kurang istirahat, tidak menjaga kebersihan badan. Dari situ aja sudah jelas keliatan kalau keluarnya cairan tersebut adalah normal kan? Selama warnanya putih susu, bisa dipastikan itu masih normal. Solusinya juga sebetulnya gak usah heboh-heboh amat. Penyebabnya juga sudah sangat familier, jadi pencegahan atau cara mengatasinya juga gak ribet-ribet amat kok, selama masih cairan normal.

Pertama-tama, ada sedikit pola pikir yang harus diubah. Adanya cairan itu bukanlah hal buruk. Sebetulnya keputihan atau cairan lain yang keluar ini menandakan kamu masih sehat. Karena alat kelamin yang sehat itu kan justru harus basah. Kalau kering kerontang gak pernah keluar cairan, bakal susah untuk dipakai, iya kan?

Nah, sesudah meredam kehebohan soal keputihan ini, barulah kamu lakukan langkah-langkah supaya cairan yang keluar dari alat kelamin itu selalu merupakan cairan yang normal. Apa aja tips (klise) nya dong? Yaaa….saya kasih dikit pencerahannya nih😎 :

Tips-nya sebetulnya cuma satu : rajin bersihin alat kelamin dengan air biasa, gak usah pakai sabun-sabunan atau cairan-cairan kimiawi apalagi yang mengandung SIRIH. Sebaiknya hindari itu sirih. Bersihinnya yang menyeluruh dengan baik dan benar, jangan asal basuh kayak cebok biasa.

Cuma gitu aja? Haha iyaa. Paling ada tambahannya dikit :

  1. Mandi sehari minimal 2 kali. Tiap mandi, mandiin juga alat kelamin, terutama pas sore atau menjelang tidur. Gak usah pakai alat bantu lain dalam mencuci alat kelamin, cukup air bening biasa yang dipakai mandi aja. Atau bisa pakai air hangat. Gak usah juga minum jejamuan atau obat-obatan yang konon berkhasiat pada pencegahan keputihan. Bersihkan aja alat kelaminnya, keputihan akan terkontrol dengan sehat dan alat kelamin tetap normal dengan kebasahannya.
  2. Biasanya, cairan kental putih susu menumpuk di area sudut atas alat kelamin dekat ke bagian klitoris, jadi bersihkan dengan menyeluruh. Setelah bersih, dipastikan tidak akan ada lagi bau-bau aneh dari area alat kelamin perempuan.
  3. Ganti celana dalam tiap hari minimal 2 kali. Celana dalam yang basah atau lembab jangan dipakai, jadi pastikan CD dalam keadaan kering terus. Makanya tiap habis cebok, keringkan sekitar alat kelamin luar memakai tisu bersih.
  4. Saat di rumah sebaiknya minimalisir pakai daleman, terutama pas tidur. Kulit di area tertutup juga harus beristirahat, jangan ditutup terus pakai kain-kain ketat. Baju tidur sebaiknya longgar atau pakai sarung sekalian kalau ada.
  5. Jangan sering stress atau galau kelamaan. Hepi-hepi aja
  6. Jaga pola makan, jangan makan yang aneh-aneh. Makan yang sehat dan alami-alami aja. Dan pastikan minum dengan cukup tiap harinya.
  7. Olahraga dan tidur dengan cukup.
  8. Sekali-kali periksalah/lihat alat kelamin sendiri secara langsung untuk memastikan everything is okay, under control gitu.

Lalu setelah melakukan tips itu, si keputihan ini bakal ilang gak nih? Ya engga hilang total lah. Karena cairan putih susu akan tetap keluar pada saat menjelang atau pasca menstruasi itu tadi. Itu sih udah alamiah jadi gak perlu kuatir. Yang penting kadarnya wajar dan hanya keluar sedikit di saat perubahan hormon aja. Tingkatkan lagi semangat bersih-bersih badannya, nanti itu si keputihan bakal ilang dengan sendirinya setelah semua fase menstruasinya selesai.

Selamat mencoba tips ini. Sekian dan terima angpao *pasang kotak amal*:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s