Cara Mudah Mengenali Driver Komputer Dengan 3DP Chip

Baru kali ini saya membuat postingan tentang komputer dan teknologi, terutama review software keren yang sudah membantu saya keluar dari kesusahan nan ajaib. Maklum masih gaptek, jadi hal sederhana ini pun buat saya terasa begitu luar biasa. Berasa menemukan pintu ajaib doremon.

Awalnya, saya terkena sindrom asal pencet dan asal yes-yes saat hendak install Adobe Indesign versi full yang gratisan (soal Adobe Indesgin akan saya bahas nanti). Ternyata saya salah pilih link, dan malah diarahkan ke ads jahat yang nyisipin sepaket software yang tak diinginkan (mungkin juga virus-virus). Berhubung asal yes-yes, jadi banyak yang terinstall secara otomatis ke laptop saya. Untunglah kondom proteksi laptop saya cukup kuat jadi si virus langsung diamankan.

Singkat cerita, saya pun kelabakan meng-uninstall seluruh software illegal tadi. Karena ada beberapa, saya uninstall dari tombol add/remove hardware biar cepat. Tapi semua list hardware dan software yang udah terinstall jadinya kebuka semua. Saya buru-buru membunuh semua software tadi itu. Sialnya, karena terlalu buru-buru, ada software penting yang malah ikut terbuang, yaitu audio driver. Alhasil, laptop saya jadi sunyi tanpa suara.

Saya pun meratap di dinding fesbuk seperti biasa. Masalahnya (lagi), saya tidak tahu apa nama sound driver yang biasanya dipakai di laptop saya sendiri. Parah ya. Karena tidak tahu drivernya apa, jadi saya kesulitan mencarinya di google. Lalu didapatlah suatu opsi ajaib, yaitu memakai 3DP Chip yang praktis banget. Enaknya lagi, software ini sangat ringan.

Jadi kita tinggal install 3DP Chip di komputer kita. Lalu jalankan. Secara otomatis, software ini akan menampilkan seluruh komponen komputer kita beserta nama-nama drivernya, termasuk sound driver. Jika komponen sudah lengkap, akan ditandai kuning. Kalau drivernya belum terpasang, akan ada tanda tanya. Tampilan contohnya  seperti ini:

sesudah proses mengenali 'isi komputer kita, bakal muncul ini sebagai report

sesudah proses mengenali ‘isi komputer kita, bakal muncul ini sebagai report

Ketika ada komponen yang hilang, kita tinggal klik saja di komponen itu karena secara otomatis itu sudah ngelink ke sumber download. Jadi kita tidak perlu gugling lagi. tinggal klik itu, maka kita diarahkan ke situs buat downloadnya. Tinggal pilih OS yang kita gunakan, langsung download deh. Setelah itu, tinggal install. Selesai.

saat link di driver multimedia tadi di klik, lalu diarahkan ke situs ini buat download drivernya

saat link di driver multimedia tadi di klik, lalu diarahkan ke situs ini buat download drivernya

Gimana? Simpel, mudah, dan ajaib kan?😀

Leave a Reply

