Pamer Gambar Kartun Buatan Sendiri (Padahal Jadul :D)

Saya sebenarnya suka menggambar sejak kecil. Malah saya pernah bikin gambar cowo dan cewe saat sedang melakukan…err…ehem-ehem gitu *plakk*. Eh tapi betulan. Kayaknya itu pas lulus SMEA deh, tapi gambarnya juga masih jelek banget, kasar dan tidak rapi. Lagipula sekarang entah dimana itu gambar porno. Biasanya cuma bisa menggambar sepotong, dan bagian detailnya cuma bisa bagian dada saja. Sekarang saya udah lupa, gimana rasa dan cara ngegambar karakter telanjang ya? segera istigfar dan baca surat yasin dsb

Waktu masih kecil, hobi saya menggambar dua buah gunung, lalu ada sawah dan jalan di bawahnya. Trus ada tiang listrik dan awan-awan kecil di atas gunung. Tipikal sekali ya? Itu diajarin Bapak saya sih.

Nah, kata orang-orang saya punya bakat menggambar. Dan tiap pelajaran seni menggambar saya memang selalu dapat nilai bagus sekali. Lalu saat keracunan nonton anime dan baca manga/komik jepang, saya beralih pada gambar-gambar ala kartun jepang.

Pertama-tama, saya mencontek setiap gambar itu dari tabloid, sampul buku, atau kartu. Kalau sudah khusyu menggambar, tak ada yang bisa mengganggu saya. Biasanya saya menggambar dalam posisi telungkup di lantai. Bahan yang digunakan untuk menggambar cuma kertas karton putih/buku gambar besar, pensil, spidol warna, crayon, atau cat minyak murahan. Objek yang saya gambar selalu karakter kartun ala jepang, tapi bukan dalam bentuk komik, melainkan cuma satu tokoh/karakter saja.

Kadang-kadang kalau kehabisan buku gambar, saya menggambari semua sampul buku pelajaran yang masih kosong atau bekas belakang kalender. Semuanya habis saya pakai sampai Ibu kadang mengomel karena kalendernya penuh coretan gambar saya. Hehe.

Saat di SMEA, hobi saya gambar menjadi-jadi. Saya sering dapat pesanan untuk menggambar tokoh kartun yang cantik/ganteng buat dipajang sama temen-temen sekolah. Semuanya menyukai gambar buatan saya.  Sampai-sampai saya punya fans seorang anak SMP kelas 1 (cewe tapinya) yang memberi saya hadiah sebuah penghapus lucu berbentuk boneka. Tapi sampai sekarang saya belum pernah ketemu cewe tersebut.

Waktu kuliah, hobi itu masih berlanjut. Dan banyak temen-temen yang juga pengen dibuatin gambar. Sebagian gambar itu saya pajang sendiri di dinding kamar. Tapi sekarang tak ada satupun gambar yang tersisa.

Nah, sewaktu mengenal dunia digital dan internet, saya jadi kepikiran buat mengubah gambar saya dalam bentuk digital juga. Tapi saya tak punya bahannya. Untung saya sempat men-scan bebarapa gambar waktu baru lulus kuliah. Nih gambarnya :

chloe_edited

Namanya Mr Nicholas Lorentz. Penampakan imajinasi temen saya. Dibikin sekitar tahun 2006

 

Ini Mss Maurina. Dibuat tahun 2006 juga kayaknya. Tipikal banget :v

Ini Mss Maurina. Dibuat tahun 2006 juga kayaknya. Tipikal banget :v

Ini gambar random aja. Saya gak terlalu suka bikin karakter cewe berjilbab sih :D

Ini gambar random aja. Saya gak terlalu suka bikin karakter cewe berjilbab sih😀

Ini juga random, blm beres. Rencananya jadi karakter salah satu tokoh di cerpen saya. Vir Lawrence *tsah gayanya*

Ini juga random, blm beres. Rencananya jadi karakter salah satu tokoh di cerpen saya. Vir Lawrence *tsah gayanya*

Masih kaku dan kasar sih. Itu betul-betul digambar manual memakai pensil atas rekues seorang kawan. Dia mendeskripsikan karakter cowok impiannya, dan jadilah si Lorentz itu. Karakter ceweknya mah berasal dari imajinasi saya sendiri. Lalu saya scan dan dikasih background sedikit dari internet.

Kalau sekarang sih banyak desainer digital yang sudah memakai semacam tablet atau alat khusus untuk membuat gambar. Hasilnya pun bagus banget. Saya kadang-kadang kangen ingin menggambar lagi, tentunya dengan media digital yang canggih. Tapi tak punya alatnya, haha. Jadi saya tetap dengan style gambar manual, itupun kalau lagi santai dan suntuk aja.

Gimana, gambar saya bagus kan? kepedean abis😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s