Menemukan Harta Karun!

 

kakak

Menemukan tulisan itu diantara tumpukan buku-buku lama adik saya. Tulisannya “kakak….kau sumber inspirasiku, sumber motivasiku, dalam segala hal”. Mungkin itu ditulisnya sekitar tahun 2010-2011. Beliau tidak pernah mengatakan hal seperti itu selama ini. Saya juga baru tahu kalau beliau menulis begituan. Dan rasanya itu seperti….. ya gitu deh. Tak tergambarkan. Antara terharu, seneng, ajaib, meleleh, merasa diri telah mampu melakukan satu hal kecil dalam hidup. Saking senengnya sampai menitikkan air mata. Setidak-tidaknya…ya setidaknya saya punya sesuatu yang berharga; salah satu tantakel dari gurita keluarga yang akan selalu tersambungkan walau hidup kita masing-masing sudah tak sama lagi, dan menua.

Saya bawa itu kemana-mana, dan rasanya ingin nangis tiap membacanya. Teringat masa-masa dulu sewaktu beliau dan saya masih berjuang menuntaskan pendidikan, dan membrainwash adik saya yang masih sangat muda untuk senantiasa bersemangat dalam membuat perubahan dalam hidup. Saya sempat merasa khawatir karena beliau seorang anak lelaki yang bisa saja diembat lingkungan tak bertanggung jawab sehingga bermutasi jadi seperti anak-anak muda di kampung saya: tidak punya motivasi belajar/mendapatkan pendidikan, pacaran kebablasan di usia sekolah, pecandu rokok-drugs-alkohol. Tapi alhamdulillaah masa-masa itu sudah berlalu, dan sekarang beliau sudah dewasa; sudah memilih warna hidupnya sendiri. Saya senang dengan apapun yang dipilihnya sekarang.

Terima kasih, Khusnul Mubarok. Sekarang saya punya semangat lagi🙂

 

Leave a Reply

