Wisata Sejarah Di Museum Nasional

Apakah kalian pernah berkunjung ke museum?

Saya pernah, tapi hanya sedikit saja museum yang baru saya kunjungi, yaitu Museum Geologi dan Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung. Ternyata nongkrong di museum itu menyenangkan sekali ! Saya bahkan sudah berkunjung dua kali ke Museum Geologi.

Mungkin bagi sebagian orang, berkunjung ke museum adalah selera yang aneh dan kurang menarik. Teman-teman saya juga mengatakan demikian. Anak-anak muda lebih senang nongkrong atau hang out di mall, bioskop, pusat perbelanjaan, café, dan lain sebagainya. Coba saja tanya para remaja di sekitarmu, apakah ada banyak yang betah berlama-lama di museum selain karena kunjungan study tour dari sekolah?

Tapi apa sih yang menyenangkan dari sebuah museum? Museum itu sepi, jauh dari keramaian jadi saya suka. Eh tapi tentu alasannya bukan hanya karena itu saja sih. Menurut saya, museum memang didesain seperti layaknya perpustakaan umum dimana kita bisa menikmati sejarah masa lampau yang diabadikan secara visual. Bedanya, perpustakaan menyimpan sejarah-sejarahnya dalam bentuk tulisan, sedangkan museum merealisasikannya dalam bentuk benda-benda sesuai aslinya dari masa ke masa.

Sejarah manusia terus berubah dan bergerak maju menuju peradaban-peradaban baru. Tentu kalian yang hidup di jaman kekinian tidak akan mengetahui bagaimana bentuk kehidupan, kebudayaan dan segala macam hal yang ada di masa lalu kan? Tapi teknologi dan ilmu pengetahuan yang diciptakan oleh manusia telah memungkinkan kita untuk melihat dan mempelajari kehidupan masa lampau. Bagaimana caranya? Ya salah satunya dengan adanya museum.

Museum-museum menyimpan sejarah-sejarah itu dengan baik untuk dapat kita pelajari di masa kini sehingga kita bisa terhubung dengan masa lampau. Siapa sih yang bisa kembali ke masa lalu untuk melihat bagaimana bentuk-bentuk artifak kuno atau peralatan yang digunakan orang purba? Nah, museum membuat kalian terhubung dengan apa yang sudah terjadi di masa lalu melalui benda-benda koleksi yang ada di dalamnya, sehingga kita bisa mempelajarinya.

T Rex di Museum Geologi

T Rex di Museum Geologi

Sayangnya, saya belum pernah berkunjung ke sebuah museum besar di Jakarta, yaitu Museum Nasional. Ternyata kita punya Museum Nasional, lho. Saya juga baru tahu! Menurut informasi yang ada situsnya, Museum Nasional memiliki koleksi yang cukup lengkap. Ada koleksi prasejarah, numimastik dan keramik, etnografi, dan arkeologi. Benda-benda tersebut adalah sebagian fakta sejarah yang bisa kita telusuri di museum. Mereka menjaganya agar kita selalu bisa berkaitan dengan kehidupan sebelum kita.

Dan untuk itulah saya menyebut kunjungan ke museum sebagai wisata sejarah. Wisata yang akan menghubungkan kita dengan kehidupan masa lampau.

Selain untuk kunjungan umum, Museum Nasional juga digunakan untuk acara-acara pameran dan simposium.

Banyak sekali benda-benda sejarah yang ada di Museum Nasional ini. Suatu saat nanti saya ingin berkunjung ke sana dan melihat secara langsung apa saja yang ada di sana. Saya sendiri sering berpikir, mungkin museum harus dibuat lebih atraktif lagi agar menarik minat banyak pengunjung dan tidak membosankan. Saya belum tahu bagaimana teknis tampilan Museum Nasional, tapi dari apa yang pernah saya lihat di Museum Geologi, mungkin harusnya tiap museum bisa lebih ‘mewah’ lagi. Misalnya replika hewan prasejarah dibuat lebih besar dengan gambar latar berupa layar raksasa yang memperlihatkan film dokumenter tentang kehidupan prasejarah. Jadi terlihat lebih hidup. Atau ada pemandu atraktif sehingga kita tidak asyik sendiri saja, atau format tampilan museum dibuat seperti wahana 3 dimensi yang menggunakan kereta kecil dan kita berkeliling di gua- gua sambil melihat benda peninggalan sejarah. Jika memungkinkan.

Oya, untuk sedikit mengintip tentang Museum Nasional itu, bisa kalian lihat di featured video di bawah ini yang saya ambil dari situsnya langsung :

So, kalian sudah tertarik untuk berwisata ke museum?

Leave a Reply

