Tips Menjaga Kesucian Diri

Tapi tipsnya memang klise sih:mrgreen: .

Bagi kamu yang selalu ingin menjaga diri dari hal-hal yang bisa merusak kesucian hati dan pikiranmu sendiri dan orang-orang di dekatmu, berikut ada beberapa tips dari saya. Hal-hal yang bisa merusak kesucian diri itu, terutama yang berhubungan dengan aktivitas seksual sebelum menikah atau bagi yang masih single. Karena jangankan melakukan aktivitas seksual, memikirkannya (misal berfantasi atau berimajinasi) saja tidak boleh kan ya?

Jadi kalau kamu masih single, susah bangeeeed mengontrol pikiran dari hal-hal yang mesum (atau mendekati mesum), dan menganggap bahwa self service/solo karir itu terlarang atau dirasa tidak menyehatkan kalau dilakukan secara berlebihan dan tidak ingin terjerumus pada hal-hal yang bisa mengotori kemurnian hati, tapi sudah terlanjur menganggap bahwa kegiatan seksual (atau yang mendekati) merupakan hal yang disukai, mungkin bisa dicoba tips berikut ini :

1. Ikut berbagai macam organisasi.

Waktu kuliah, saya ikut beberapa organisasi kampus sampai sibuk gak ketulungan. Libur pun tetap harus mengikuti rapat ini-itu, workshop, seminar, bantu-bantu mengurus berbagai macam event, dll dll. Saya juga belum kecanduan internet pada saat itu. Pendek kata, tidak punya waktu luang untuk memikirkan hal yang memang tidak disukai wkwkwkwk. (ya iyalah yaaaa). Pulang langsung tepar, tidur. Besoknya mengulang r utinitas yang sama.

2. Sibuk kerja sampai rodi kalau bisa. Dari pagi sampai malam, dari senin sampai minggu. Tidak perlu istirahat saja. Ya begitulah. Asal jangan sampai tiba-tiba sakit aja. Badan harusnya sudah tahu limit sampai mana bisa bertahan dengan pola rodi begitu rupa. Tapi ini sebenarnya tidak terlalu sehat juga, karena akan cepat bosan, suntuk, dan stress, tapi kalau dirasa tidak ada cara lain yang lebih mumpuni, ya fokuskan pada kerja saja sampai pol.

3. Rutin berolahraga agak berat

Misal ke gym, senam aerobic, atau olahraga lain yang dilakukan secara rutin dan menguras banyak sekali keringat. Selain badan sehat, pikiran fresh, jadi enak makan serta enak tidur. Bisa langsung tidur tanpa harus membayangkan dulu hal-hal yang tidak perlu.

4. Bermain bersama anak-anak

Iya, ini juga bisa dicoba. Anak-anak selalu antusias pada setiap kreatifitas. Ajaklah mereka untuk sekedar membuat lipatan origami, membaca buku bergambar, menemani mengobrol sambil lari-lari atau apapun. Karena anak-anak  tidak akan kehabisan energi dan diam saja kecuali ketika sedang tidur atau sakit, hehe.

5. Rutin melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga

Misalnya mencoba resep baru, mengepel seluruh lantai rumah, mencuci piring dan baju, mengelap kaca, menyapu, membereskan baju, menyetrika, menyiram tanaman di halaman, atau apapun yang bisa dikerjakan di dalam rumah. Lumayan bisa berkeringat dan tau-tau sudah siang saja.

6. Menulis. Bagi yang suka menulis, tulislah segala macam hal yang disukai dan fokus saat mengerjakannya. Artikel, blog, cerpen, puisi, dan sebagainya.  Asal bukan menulis kisah erotis atau mesum, kalau itu mah ya sama saja bohong. Atau sebaiknya tidak menulis sambil membuka situs-situs mesum (mumpung di depan komputer), itu juga gak ngaruh.

7. Puasa dan senantiasa berdzikir

Iya, berpuasa seperti yang ada dalam anjuran agama. Bisa seminggu dua kali (senin-kamis) atau puasa daud (selang satu hari). Oya sekarang sudah masuk bulan Rajab, bulan dimana kita disunnahkan untuk lebih banyak berpuasa.

Demikian sedikit tips bagi kalian yang masih ingin tetep single (dengan bermacam alasan) tapi tidak bisa mendekati zina (bahkan pun itu di dalam pikiran). Mudah-mudahan bermanfaat. Lebih asik memang kalau sudah merasa tidak suka dengan hal-hal yang berkenaan dengan seksual, jadi mungkin akan lebih mudah.

Kalau sudah dicoba ternyata usaha masih gagal, berarti ya nasibmu. Tapi tenang, bukan salah kamu, itu mungkin salah setan u_u *halah*. Coba saja kegiatan yang lainnya. Kalau sudah ada yang berhasil, jangan lupa ditulis dan share yaaa~~

Selamat berpuasa!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s