Daddy, I’m Fine

Bapak, apa kabar?

Apakah Bapak baik-baik saja? Tapi Bapak pasti baik-baik saja.

Kamipun baik-baik saja.

Pak, ada beberapa hal di dunia yang tak pernah bisa saya mengerti. Bahkan banyak sekali hal yang tak bisa saya pahami. Sejujurnya, setelah Bapak pergi banyak hal yang terasa begitu sulit.

Saya sempat bertanya-tanya kepada Tuhan, kenapa mengambil Bapak ketika saya sedang dalam kondisi mental yang sangat buruk. Kenapa dan kenapa. Setiap foto Bapak membuat lautan air mata hingga kini, dan saya tetap berdelusi bahwa Bapak sedang pergi sebentar saja. Lalu nanti akan kembali. Bapak tidak pernah tergantikan. Rasa sayang saya terus bertambah-tambah ketika Bapak sudah pergi.

Lalu saya tidak punya pilihan lain selain menjadi kuat sebagai manusia. Saya kuat sekali, Bapak pasti percaya itu kan? Pasti Bapak ingat kalau saya tak pernah menangis dan meratapi kesedihan kecuali sekali saja. Tapi sekarang saya sudah lebih kuat lagi dari itu. Percayalah…

Saya sudah berusaha sekuat tenaga membangun kebahagiaan-kebahagiaan untuk menggantikan kesedihan-kesedihan. Tapi sebagiannya, saya malah melakukan banyak hal yang tidak tepat. Maafkan saya, Pak…

Kebahagiaan bisa menggantikan kesedihan, iya kan Pak? Saya pernah berpikir, mungkin saya akan begitu bahagia jika mencapai suatu harapan. Tapi harapan dan keinginan tak selalu bisa tercapai, itu juga membuat kita sedih, tapi saya tetap akan menjadi kuat. Masih ada banyak kebahagiaan lain.

Saya masih tidak memahami hidup, Pak. Tidak tahu mengenai masa depan. Tapi saya akan lebih kuat lagi. Bapak harus percaya bahwa saya akan menjadi seorang perempuan yang kuat.

Bapak, saya ingin sekali berbicara dengan Bapak seperti dulu. Tapi bahkan dalam mimpi pun Bapak tak pernah menemui saya….

mydad

 

 

 

 

Leave a Reply

