Eksperimen dan Mencoba Hal Baru

Sebenarnya mungkin ini terlalu sederhana kalau disebut eksperimen. Lebih tepatnya, iseng bersama anak-anak. Tapi ini adalah salah satu kegiatan yang saya jadikan pilihan untuk bersenang-senang di rumah dan di luar rumah. Kegiatan apa saja kah itu?

  1. Memanfaatkan bekas tempat lotion untuk celengan dan bintang kertas

Sebenarnya, bekas tempat lotionnya tidak diapa-apakah lagi karena bentuknya sudah lumayan lucu untuk menyimpan berbagai macam benda yang kecil-kecil. Jadi karena ada beberapa bekas tempat lotion plastik yang menganggur, daripada dibuang begitu saja, saya ajak anak-anak (keponakan-keponakan berbagai usia sih, bukan anak saya hehe) untuk membuat lipatan kertas kecil menjadi bentuk bintang-bintang kecil.

Anak-anak itu sangat antusias terhadap sesuatu yang menguras kreativitas dan pemikirannya meskipun terlihat sangat sederhana. Saya punya 2 bungkus kertas khusus untuk membuat bintang yang saya beli dari toko aksesoris. Harga per bungkusnya 5 ribu rupiah saja, dan isinya ada sekitar seratus lembar per bungkus. Di kemasannya sudah ada petunjuk bagaimana cara melipat kertas menjadi bintang yang gendut dan mungil. Seluruh kertas itu habis digunakan oleh anak-anak untuk belajar membuat bentuk bintang.

Anak-anak senang, saya juga sangat senang. Ada banyak kertas terbuang karena bentuk yang gagal atau penyok dan sampah-sampah. Itu juga bisa jadi selipan pengajaran kepada mereka untuk lebih hemat dan membuat sampah ke tempat yang sudah disediakan. Anak-anak itu akan tambah senang ketika sudah selesai membuat karya, kita ikut merayakan keberhasilannya dan menyimpan hasil karyanya walau penyok. Daya ingat dan daya serap mereka terhadap pelajaran baru itu sungguh luar biasa.

Lalu, bekas tempat lotion juga bisa dijadikan celengan untuk uang recehan. Saya jadi punya kebiasaan mengumpulkan uang receh dan disimpan di celengan. Sebenarnya pengen nyelengin uang lembaran juga, tapi belum sempat beli celengan yang lebih gede dan tertutup. Anak-anak juga mau saya ajak untuk menyimpan uang recehan di celengan ini, tapi karena saya tidak bisa ketemu mereka setiap hari, jadi belum bisa menjadikan hal ini sebagai kebiasaan. Keponakan-keponakan saya semangat jajannya luar biasa, dan saya belum bisa mengendalikan hal tersebut karena tidak setiap hari mengawasi mereka.

Saya pernah nonton di NET soal menanamkan kebiasaan menabung atau menyimpan uang di celengan pada anak-anak. Itu kebiasaan yang bagus karena anak-anak akan lebih hemat dan menyisihkan sebagian uang sakunya. Tapi harus dilakukan secara rutin agar menjadi kebiasaan.

Ini gambar celengan dan bintang-bintangnya :

celengan

bintang

Gambarnya kok jungkir jungkir??? Cara merotate-nya gimana ya? Hadeh…maapkan, gambarnya masih jungkir baliko_O

  1. Ingin belajar jazz dance

Nah, ini dari NET juga. Ada sebuah tarian kontemporer yang memadukan jazz, tarian modern, dan balet klasik. Musiknya juga menghentak dari mulai musik jazz sampai R n B atau hip hop. Saat melihat contoh gerakannya, ternyata sungguh awesome! Saya ingin belajar juga, sayangnya sanggar yang mengadakan latihan seperti ini baru ada di Jakarta saja.

Lalu tadi malem tiba-tiba seorang teman membahas soal dance. Katanya dia ingin belajar menari tapi tarian ala K-Pop gitu. Apaah? Menari ala boyband dong? Astagasuperjunioooor! Ya tapi tidak apa-apa, kita lihat saja dulu akan seperti apa tarian K-Pop itu. Sang teman mengajak saya untuk melihat latihan temannya di sebuah studio di Dago atas. Nanti saya cerita lagi deh bagaimana hasilnya.

Ini hal baru buat saya, dan saya sangat senang kalau bisa mempelajarinya. Sepertinya akan sangat menyenangkan.

Oya, contoh gerakan jazz dance itu seperti ini :

Sudah tertarik untuk belajar hal baru? Ayo mumpung masih muda! Saatnya menyingkirkan PMS-ing yang menyebalkan ini, dan melewatkan akhir pekan dengan menyenangkan. Pembaca yang budiman, selamat belajar dan semesta akan selalu mencintai anda🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s