Menu Hemat Sarapan Sehat

Oleh : Ismawati

Sejak kecil saya terbiasa sarapan sehingga tubuh sudah beradaptasi untuk selalu diisi tiap pagi. Setelah sarapan pagi, biasanya tubuh akan lebih bersemangat dalam memulai aktivitas, lebih konsentrasi, dan tidak loyo. Sarapan pagi biasanya dimulai jam 7 atau 8 pagi, lalu mulai beraktivias satu jam setelahnya agar perut terasa lebih nyaman dan tidak penuh.

Menu wajib sarapan pagi sebenarnya sangat sederhana, yaitu air putih secukupnya. Saya biasa mengkonsumsi minimal 1 gelas air putih setiap pagi, sebelum mengkonsumsi makanan lain, lalu disusul dengan buah-buahan. Setelah itu, baru menyantap menu utama sarapan.

Sebaiknya, sarapan pagi tidak langsung menyantap makanan yang berat atau mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi. Walaupun tidak sedang menjalani diet, tapi kita harus tetap pilih-pilih makanan, tentunya yang dipilih adalah makanan sehat dan bergizi. Dan ini tidak harus mahal. Kita bisa tetap mengonsumsi jenis makanan yang sehat tapi dengan harga yang terjangkau, yaitu dengan memasaknya sendiri, plus bisa disesuaikan juga dengan selera kita sendiri. Rasanya menyenangkan sekali ketika bisa mengatur variasi menu harian supaya tidak bosan dan mengusahakan agar tetap memasukkan zat-zat yang bergizi ke dalam tubuh.

Sebenarnya, saat ini sudah ada restoran-restoran yang menyediakan menu sarapan sehat yaitu makanan tanpa goreng-gorengan sama sekali. Tapi jika kita bisa membuatnya sendiri, tentu itu lebih baik lagi. Untuk variasi minuman, setelah air putih, bisa ditambah dengan susu, coklat, jus buah tanpa gula atau jus sayuran. Saat tidak membuat jus buah atau sayur, kita bisa menggantinya dengan menyantap buah-buahan segar seperti buah pisang, apel, mangga, pepaya, dan lain-lain.

Untuk menu utamanya, kita bisa memilih roti kukus dengan olesan selai kacang atau stroberi, oatmeal instan, jagung kukus ditaburi parut kelapa, ubi-ubian kukus seperti talas atau ubi jalar merah dan ungu. Selain itu, kita bisa mempersiapkan agar-agar dan puding rasa buah-buahan agar lebih segar. Agar tidak bosan, bisa juga memilih lontong isi sayur atau daging.

Yang terpenting adalah, harusnya sarapan pagi adalah kegiatan yang menyenangkan bagi kita yang sudah terbiasa dengan ritual ini. Ketika mengawali hari dengan rasa senang dan kegiatan yang menyenangkan, maka akan memudahkan kita menjalani sisa hari yang penuh aktivitas.

Selamat sarapan, tetaplah sehat dan muda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s