Merawat Pakaian Dalam

“Celana dalam adalah kebutuhan dasar manusia” [Rebbeca Bloomwood. Confession Of a Sophaholic].

:mrgreen:

Pakaian dalam atau lingerie atau underwear memang barang yang sangat penting bagi manusia, bahkan menjadi salah satu bagian dari tren fashion sebagaimana pakaian luar. Harganya pun beragam.

Ada pakaian dalam murah yang biasanya bergelantungan di pasar-pasar, harga pertengahan,  hingga pakaian dalam mewah bermerk yang dibandrol jutaan.

Ketika membayangkan harga-harga pakaian dalam, kadang-kadang saya iseng ingin menghitung secara matematis harga sebuah penampilan wanita/pria yang sangat mengutamakan prestise, kira-kira berapa juta yang menempel di badannya dalam sekali penampilan di luar ya? Dari mulai bra, underwear, baju luar, sepatu, tas, kosmetik, aksesoris rambut sampai aksesoris badan, dan lain sebagainya. Semua dipadu padankan sesuai warna dan bentuk yang modis dan tren masa kini. Sesuai umur juga. Mahal sekali pastinya.

Banyak orang bilang kalau uang mah memang tidak menipu (walaupun saya pernah banget tertipu dengan harga mahal tapi barang jelek), tapi kalau belinya secara hati-hati, kita akan mendapatkan barang yang memuaskan dan awet walaupun harganya agak mahal. Harus pintar-pintar memilih barang juga agar tidak tertipu, dan membeli dari tempat yang sudah terpercaya. Khusus untuk pakaian dalam, menurut pengalaman saya sendiri dan beberapa rekomendasi teman, membeli pakaian dalam murah dan mahal (atau agak mahal atau pertengahan) memang terasa sekali perbedaannya. Sama seperti kalau kita membeli baju-baju luar (asal tidak kena tipu). Barang-barang dengan harga lumayan mahal lebih enak dipakai, bahannya nyaman di kulit dan jauh lebih awet. Tapi barang yang lebih murah biasanya lebih kasar dan tidak awet.

Karenanya, teman banyak menyarankan agar saya membeli pakaian dalam yang memang bagus walau harganya agak mahal. Pakaian dalam kan jenis pakaian yang langsung berinteraksi dengan bagian-bagian tubuh yang sensitif, jadi ya harus dibuat senyaman mungkin. Kalau budget terbatas, belinya tidak usah terlalu banyak. Cukup sepasang saja dulu, baru beli bulan depannya lagi kalau sudah dapat duit lagi. Tidak usah beli yang juta-juta juga, cukup yang pertengahan saja atau sesuai kemampuan (kalau mampu beli yang berjuta-juta dan terlalu banyak uang nganggur, ya beli saja). Yang harganya 125ribu ke atas itu sudah lumayan menurut saya. Bisa awet tahunan. Kecuali mungkin bagi yang punya hobi tarik-tarik pakaian kayak narik becak, mungkin seminggu juga sudah rusak =))

Oya, menurut saya pakaian dalam itu sama halnya seperti barang elektronik sih. Walaupun kita membeli barang yang mahal, tapi kalau tidak dirawat atau perawatannya asal-asalan ya tetap saja bikin cepat rusak. Apalagi bagi yang gaptek….seperti saya…punya hape pintar tapi baru setahun sudah bonyok-bonyok.

Memangnya bagaimana cara merawat pakaian dalam agar awet? Gampang saja sebenarnya. Ada beberapa tips yang mudah-mudahan bermanfaat nih, diambil dari pengalaman sendiri dan beberapa rekomendasi teman :

  1. Perhatikan cara mencuci. Kamu suka mencuci baju di laundry atau memakai mesin? Tidak apa-apa, tapi sebaiknya tidak untuk pakaian dalam. Saya tidak bisa mempercayakan pakaian dalam untuk ditangani mesin cuci atau laundry karena pernah beberapa kali pakai jasa laundry, hasilnya tidak memuaskan. Menurut saya sih kurang bersih. Pakaian dalam (wanita) kan cuma bra dan underwear, tidak terlalu repot jika dicuci sendiri, bisa dicuci sambil mandi pagi dan sore/malam.
  2. Memakai sabun mandi, bukan deterjen. Karena sabun mandi lebih lembut dan halus, kain pakaian dalam jadi lebih awet dan lembut. Apalagi nantinya akan bersentuhan dengan kulit di area genital. Teman-teman saya juga merekomendasikan untuk mencuci pakaian dalam dengan sabun mandi saja. Apalagi jika berhadapan dengan laundry kasar tak bertanggung jawab, bisa-bisa pakaian dalam yang mahal bisa pulang dengan sobekan-sobek mengerikan mirip gigitan tikus.
  3.  Pakaian dalam segera dicuci jika memungkinkan. Ini juga berhubungan dengan kebersihan. Jangan sampai ditumpuk sampai satu minggu deh. Sebaiknya langsung cuci sambil mandi. Nanti malah bau, hiiy.
  4. Ketika mencuci bra, jangan memeras bagian cup-nya terlalu keras. Cukup diperas sedikit-sedikit tali dan bagian belakangnya saja. Apalagi cup yang memakai pengait kawat, bisa-bisa bentuknya berubah penyok =)).
  5. Cara menyimpan bra yang benar, bagian cup-nya jangan ditonjolkan ke dalam atau dilipat sembarangan. Cup harus tetap berjejer berdampingan dan menonjol ke depan. Jadi ketika disimpan di lemari memang akan mengambil lahan agak banyak, tapi dengan begitu bentuk cup tidak akan cepat berubah. Yang dilipat sebaiknya bagian tali dan belakangnya saja.
  6. Untuk bra berpengait belakang, cara memakai yang benar bukan dengan cara dipasangkan di pinggang dan mengaitkannya di depan lalu diputar sambil ditarik ke atas. Itu akan membuat bra cepat melar dan rusak. Tapi dari awal, pasangkan bra dengan cup di depan langsung pada tempatnya, pengaitnya di pasang dari belakang jadi nanti talinya tinggal dikaitkan ke bahu. Kalau bra dengan pengait depan bisa dilepas tentunya lebih gampang.

Demikian sedikit tips dari saya. Dan lagi-lagi, saya buat tulisan ini tanpa riset ilmiah terlebih dahulu. Hanya dari pengalaman saja:mrgreen:

Selamat merawat pakaian dalam!

3 thoughts on “Merawat Pakaian Dalam

  1. Katanya nih.. cara memakai bra yang baru kmu sebutkan itu ga bagus buat tulang belikat, jadi lebih baik ya dikaitkan di depan lalu diputer. Tp ya jangan dikaitkan di pinggang, langsung aja di bagian dada, jadi ga melar nantinya. Tp balik lagi ke pengguna sih, gimana enaknya ^^

    Like

    • Saya baru tau. Saya pikir kalau hati-hati dan pelan-pelan mungkin tidak akan pengaruh ke tulang.
      Sebenarnya memang lebih ribet kalau cara pasangnya seperti yang saya sebutkan itu. Agak lebih lama. Betul, jadi sebaiknya tergantung pilihan masing-masing saja, sesuai selera. Yang penting nyaman, aman, dan menyenangkan.

      Like

  2. Sis, ijin share ya ..
    Bamboo Slimming Suit, adalah pakaian dalam yang terbuat dari arang bambu alami. yang secara alami memiliki fungsi utama :
    – Mengencangkan Payudara
    – Mengencangkan otot perut
    – Mengangkat bokong
    – membentuk paha.
    Jadikan Natural Bambu sebagai pakaian dalam kapan saja, agar mendapatkan tubuh yang indah.
    Bisa dibeli di http://tokomaksi.com/Natural-Bamboo-Slimming-Suit

    Salam,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s