[Single Mother Double Fighter] : Tentang Emak Yang Jujur!

Judul Buku      : Single Mother Double Fighter

Penulis             : Skylashtar Maryam

Penerbit           : Gradien Mediatama, Feb 2012

Genre              : Non Fiksi, Parenting

ISBN               : 978-602-208-048-0

Saya jarang membaca buku parenting karena dari beberapa pengalaman bacaan sejenis, buku-buku tersebut tak ubahnya seperti khotbah-khotbah sebelum atau sesudah sholat yang membikin ngantuk dalam semenit. Terlalu banyak teori yang susah dipahami. Mungkin karena saya sendiri belum berpengalaman memiliki anak, jadi kadang-kadang tidak merasa perlu untuk membacanya. Saya lebih berminat terhadap buku fiksi. Buku non-fiksi yang membosankan tidak akan membuat saya bertahan lama memegangnya.

Lalu, kenapa saya bisa bertahan membaca buku ini sampai halaman terakhirnya? Well, itu karena sesuatu di halaman pertamanya yang unik –untuk itu saya menyalahkan sang penulis yang telah membuat kata pengantar yang begitu funky dan membuat saya terpingkal-pingkal. Saya berpikir ‘Emak apaan nih?’. Percayalah, anda tidak akan menemui buku parenting lain yang ‘ugal-ugalan’ seperti ini.

Single Mother Double Fighter menceritakan tentang seorang Emak (yakni sang penulis sendiri) dan anak perempuan semata wayangnya yang berusia 7 tahun, Salwa, dalam bentuk obrolan ringan yang kadang kocak, nggemesin, dan bahkan membuat saya menertawakan diri sendiri. Momen-momen yang ditangkap Sang Emak bukanlah momen ‘wah’ yang penuh pencerahan dan disajikan dengan bahasa mistis ala motivator kelas dunia, justru kejadian-kejadian kecil yang mungkin sering luput dari perhatian kita yang disajikan dengan bahasa ‘gaul’ dan apa adanya.

Apa sih yang bisa menarik dari percakapan sehari-hari seorang emak dan anak perempuannya dalam kisaran umur segitu, selain larangan ini-itu atau omelan kekesalan jika si anak bersikap nyebelin ? Setiap Emak pasti mengalami masa-masa dimana dia harus menghadapi pertanyaan-pertanyaan ajaib anaknya yang baru mengenal dunia. Namun ternyata, obrolan-obrolan tersebut tidak sesederhana yang saya pikirkan sebelumnya (berhubung saya belum pernah mengalaminya), melainkan sebentuk komunikasi ajaib yang terasa lebih membumi dan segar karena cara sang Emak menuliskannya. Salwa, begitu aktif dan cerdas –juga seperti tipikal anak kebanyakan, selalu ingin tahu mengenai hal-hal baru dan bawel mengomentari segala hal di sekelilingnya dengan cara pandang yang lugu. Kadang dia bahkan bisa berpikir hal-hal yang tidak terpikirkan oleh saya sebagai orang dewasa, atau mungkin karena orang dewasa selalu melihat segala sesuatunya dengan rumit ya?

Seorang anak kecil selalu jujur dengan apapun, demikian juga Salwa, namun berapa banyak para Emak yang juga bisa jujur saat menghadapi anak-anaknya? Itulah yang saya temukan dalam buku ini : kejujuran seorang Emak Tunggal (bahasa kerennya, single parent). Sang Emak jujur mengakui bahwa beliau bukan Nyonya-Serba-(sok)Tahu mengenai pertanyaan ajaib anaknya. Mereka berdua adalah partner kompak yang amat mengesankan, dan orang-orang yang tabah menghadapi kehidupan.

Banyak buku tentang hubungan ibu dan anak dengan tema-tema serupa, tapi buku ini menyajikannya dengan cara yang berbeda.

Oya, sayangnya ada persoalan tanda baca yang agak mengganggu di buku ini. Karena bukunya tersaji dalam format dialog langsung dan kadang kalimat-kalimat yang menggambarkan pikiran-pikiran Sang Emak, maka diperlukan tanda yang tepat untuk membedakan mana dialog langsung dan mana perkataan pikiran tokoh-tokohnya. Misal dengan menggunakan tanda bintang di awal dan di akhir kalimat, atau tanda kurung buka dan kurung tutup. Saya sendiri agak kebingungan dalam membedakannya, apalagi jika dibaca secara cepat. Semoga saja kekurangan ini tidak mengurangi kenyamanan para pembaca saat menikmati ‘Single Mother Double Fighter’.

Leave a Reply

