[Dead Smokers Club Part 1 ], Teenlit Citarasa Baru

Judul Buku   : Dead Smokers Club Part 1

Penulis         : Adham T. Fusama

Penerbit       : FIM Kreasindo Gemilang

Genre          : Fiksi Novel

ISBN             : 978-602-17571-1-6

Bagaimana jadinya jika sekelompok remaja dengan karakter-karakter yang unik dan berbakat berkumpul di sebuah sekolah elit khusus cowok? Mungkin kamu bisa membayangkan cerita-cerita tentang remaja sekolahan pada umumnya, tentang bagaimana sekumpulan siswa yang membentuk sebuah geng untuk mempertegas eksistensi mereka, dan melakukan berbagai macam ‘kenakalan’ ala remaja cowok sekolahan.

Tapi, di tangan Adham T. Fusama, mereka menjadi sesuatu yang lain.

Ya, di novel ini, pembaca akan diperkenalkan pada sepuluh karakter remaja yang masing-masingnya memiliki ciri khas namun bisa dirangkum dalam dua kata; sinting dan aneh. Mereka berkumpul dan bekerja sama untuk membuat sejarah tak terlupakan dalam sebuah gerakan rahasia yang belum pernah ada di sekolah manapun!

Ini adalah debut novel pertama sang penulis. Dari gaya penceritaan, jelas sekali sang penulis banyak dipengaruhi oleh gaya-gaya manga (komik jepang) dan dialog cepat yang efektif, cocok untuk membangun adegan-adegan aksi dan dapat dinikmati tanpa membosankan oleh para pembaca muda. Kekuatan sang penulis berada pada dialog-dialog karakternya yang nyeleneh dan penuh humor. Dialog-dialog itulah yang akan mengembangkan karakter-karakternya menjadi begitu hidup dan dengan dialog itu pula sang penulis memperkenalkan keperibadian mereka pada pembaca.

Yang bisa saya katakan dari novel ini secara keseluruhan, Dead Smokers Club Part 1 adalah novel maskulin dengan gaya penceritaan yang cepat dan penuh aksi. Hal ini jarang saya temukan pada novel remaja serupa yang biasanya didominasi oleh kisah-kisah percintaan masa remaja, dan sulit menemukan sesuatu yang unik dalam tema yang mereka tawarkan. Novel ini juga jelas tidak dibuat dengan asal jadi dan mengikuti pola novel remaja kebanyakan. Dimulai dengan gambar simbol yang terpampang besar di covernya, lengkap dengan slogan-slogannya, Adham T. Fusama jelas telah menciptakan sebuah gerakan di sekolahan dengan detil dan terperinci. Sebuah pencapaian yang luar biasa dalam genrenya.

Mungkin yang sedikit disayangkan adalah minimnya ‘citarasa’ Indonesia yang melekat pada penggambaran karakter-karakternya. Karena latar belakang tempat sendiri sudah sangat jelas terjadi di Indonesia, dan Indonesia sendiri seperti yang kita tahu memiliki keragaman suku bangsa yang unik dengan budaya bawaan masing-masing yang menarik untuk di eksplorasi. Jadi, kadang-kadang saya sendiri lupa sedang membaca cerita yang terjadi di Indonesia, yang dekat dengan keseharian kita.

Tapi, overall, novel ini sangat berpotensi. Sebuan sajian plot yang mengalir cepat dan rangkaian aksi yang cerdas bisa mengobati kejenuhan pada gempuran teenlit-teenlit serupa yang lebih berkiblat pada drama percintaan yang membosankan. Selengkapnya tentang Dead Smokers Club Series dapat kamu lihat di situs resminya.   

One thought on “[Dead Smokers Club Part 1 ], Teenlit Citarasa Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s