Hantam Mereka, Vegh !

[#30HariMenulis]

Sudah tahu jargon ini? Pasti sudah tertebak. Ini tentang Fast Six (Fast and Furious Jilid 6). Saya sempat terheran-heran ketika ada sebuah komentar seperti ini saat pembahasan soal film tersebut, “…menantikan kalimat ‘hantam mereka, Vegh’”. Awalnya saya tidak paham. Tapi setelah menontonnya, baru saya tahu bahwa mungkin pertama kalinya (menurut sotoynya saya) di masa kekinian ada kalimat berbahasia Indonesia yang melintas di film Hollywood se-box office Fast and Furious.

Konon, bahkan di film ini pun ada orang Indonesia yang bermain sebagai salah satu tokoh yang memegang peran cukup penting –maksudnya bukan hanya tempelan saja yang menampilkan tampang sekilas dan langsung mati/menghilang di sebagian besar durasi film. Yea, Joe Taslim, yang namanya mulai terkenal setelah bermain di film The Raid (saya belum menonton filmnya sampai saat ini). Berbekal rasa penasaran ‘konon’ ini, seorang kawan mengajak saya untuk melihat sepak terjang Joe Taslim di aksi perdana hollywoodnya : Fast and Furious 6.

Saya tidak akan berpanjang-panjang mengenai kalimat berbahasa Indonesia atau Joe Taslim, tapi sebagai seorang yang tidak nge-fans bahkan tidak pernah melihat satu jilid pun film ini, bisa dibilang bahwa Fast Six cukup menghibur untuk kelas film aksi yang mungkin ceritanya sudah melebar kemana-mana demi untuk pencapaian jilid 6, seperti yang terjadi pada franchise-franchise lain. Tapi karena saya juga belum pernah menonton film orisinilnya (jilid pertamanya) ataupun sekuel-sekuelnya setelah itu, jadi saya tidak akan membandingkannya dengan sekuel tersebut.

Bagi kebanyakan film franchise, biasanya saya selalu lebih menyukai film pertamanya saja, karena sekuel-sekuelnya selalu menjadi lebay tidak jelas dan terkesan ‘maksa’. Fast Six sendiri adalah sebuah film aksi, seperti judulnya, yang mengeksploitasi kecepatan di jalanan (bukan hanya diartikan sebagai balapan mobil saja) tapi kendaraan-kendaraan yang melaju cepat. Seperti film aksi hero pada umumnya, film ini bercerita tentang sekumpulan jagoan dengan berbagai karakteristik (tapi tetap menjadi tokoh-tokoh yang akan menjadi pembela kebaikan)  dan ‘sang jahat’ (yang sudah jelas akan membuat anarkisme tingkat internasional) yang saling berkonfrontasi memperebutkan sebuah benda yang diklaim dapat menghancurkan satu negara apabila disalahgunakan oleh sang ‘jahat’. Ya, ceritanya memang sesederhana itu saja. Ada sebuah twist menarik menjelang akhir film, tapi itupun tidak terlalu istimewa buat saya. Jadi, walaupun anda belum pernah melihat sekuel sebelumnya, anda tidak akan terlalu sulit memahami jalan cerita maupun pesan-pesan yang hendak disampaikan film ini.

Dan, sebagai film khas aksi hero Hollywood pada umumnya, beberapa adegan tidak masuk akal pun muncul di sana-sini, tapi secara keseluruhan bolehlah untuk ditonton beramai-ramai sambil memanjakan mata dengan visual efek yang cukup canggih, adegan kejar-kejaran yang menegangkan, dan suara decit-decit mobil yang, buat saya, bikin ngilu telinga. Yang saya nikmati dari film ini hanyalah tata musik dan lagu-lagu yang mengiringi tiap adegannya, terasa begitu ceria dan pas dengan adegan-adegannya.

Yang menyebalkan adalah sepertinya Fast Six ini masih akan terus berlanjut dengan jilid-jilid berikutnya. Kenapa? Ya, tonton saja sendiri sampai adegan paling akhir setelah credit title. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat informasi filmnya serta trailernya di sini.

Oya, mengomentari sedikit soal Joe Taslim, dia mendapatkan porsi yang cukup banyak sebagai antagonis tapi menurut saya gesture dan sikap khas Indonesia-nya masih sangat jelas terlihat. Entah karena memang dia diharuskan berakting seperti itu, atau memang itu sudah menjadi karakter bawaannya. Maksud saya, secara fisik Joe Taslim sudah bisa bersaing dengan pemain-pemain yang lain, tapi dia tetap terlihat sebagai tipikal orang Indonesia yang masih agak kaku dalam berbicara dan terlihat tidak terlalu pede saat sedang berjalan. Beda sekali dengan pemain-pemain lain yang notabene seluruhnya orang Hollywood terkenal itu😀 . Tapi itu sotoynya saya saja.

Judul : Fast And Furious 6

Sutradara : Justin Lin

Nilai : 6/10 atau C

Leave a Reply

