TOP 5 MANGAKA TERKEREN DAN KARYANYA (18+)

Kalian suka baca manga (arti sederhananya : komik jepang) ? Di sela-sela kesibukan, walaupun bukan pengisi waktu prioritas tapi membaca manga yang unik itu cukup menyenangkan. Unik dalam persepsi saya di sini adalah topik-topik yang aneh atau tidak biasa, biasanya diusung oleh para penulis manga (mangaka) kontemporer dengan label adult/mature dan PG 18+.

Manga, seperti yang saya baca dari sebuah ebook (Manga For Dummies) memiliki genre yang sangat banyak, tapi menurut saya, manga secara garis besar dipisahkan dalam 2 peruntukkan berdasarkan gender: cerita yang ditujukan untuk kaum perempuan (shoujo/josei) dan kaum lelaki (shonen/seinen). Shoujo/josei biasanya mengambil cerita dari sudut pandang perempuan, dan saya jarang menemukan jenis cerita yang bagus serta mendidik. Sedangkan shonen/seinen sebaliknya, mengambil sudut pandang lelaki, dan ini adalah genre favorit saya, entah kenapa bagi saya genre ini biasanya lebih realistis.

Walaupun dibagi dalam kategori berdasarkan gender, tapi sebenarnya manga ya bisa dinikmati dengan bebas tidak berbatas. Saya juga tidak membaca manga sesuai rekomendasi sesuai gender, biasanya hanya membaca satu-dua untuk perbandingan, lalu fokus pada cerita yang saya sukai tanpa menghiraukan genre. Dan ternyata saya lebih suka pada genre-genre shonen/seinen (shonen : kategori lelaki remaja, seinen : kategori lelaki dewasa).

Nah, dari pengalaman saya membaca manga scan online (sekarang sudah bertebaran di mana-mana), saya punya 6 penulis manga favorit. Tidak semua karya mereka bagus menurut saya, tapi sebagian besar highly recommended dan bisa dijadikan referensi bagi yang suka membaca manga dengan gaya yang berbeda. Saya menyukai mereka karena, pertama, cerita dan ide-ide yang mereka tawarkan sebagian besarnya menarik dan tidak membosankan. Sekali membaca, tidak bisa berhenti. Kedua, karena artwork/gambar mereka yang sangat keren.

Trus, siapa saja mereka dan apa karya yang direkomendasikan? Ini dia (urutan tidak berarti prioritas) :

  1. Ha Il Kwon

Mayoritas karyanya bercerita tentang kehidupan anak muda (abege sekolahan) dengan permasalahan-permasalahannya, kadang idenya sebenarnya standar dan sederhana tapi cara dia memvisualisasikannya tidak klise, menye-menye dan omg-so-shitentron banget seperti di genre-genre shoujo pada umumnya. Walaupun ada drama dan romance, tapi tidak sejijay yang bisa kita temukan di shoujo. Boleh dicoba ‘My Heart Is Beating’. Sejauh yang saya baca, Han Il Kwon sepertinya lebih banyak di rating remaja dan abege.

2. Benjamin (Benjamin Zhang Bin)

Dua hal yang saya suka dari Benjamin adalah artworknya yang realis, menyerupai manusia dan kadang seperti lukisan cat minyak, dan ceritanya yang penuh metafora. Dan karena tema-tema yang diusung bukan tema yang mudah dicerna, walaupun dalam beberapa cerita tidak ada unsur violence dan sexual activities, tapi karyanya tetap ditujukan untuk kaum dewasa. Saya suka hampir semua karya-karyanya. Boleh dicoba “Savior” atau ‘One Day”. Karyanya belum terlalu banyak (sejauh yang saya temukan di internet) jadi boleh dicoba yang lainnya juga. Gambar-gambarnya super keren!

  1. Matsumoto Jiro

Sudah jelas bahwa karya Matsumoto Jiro memang diperuntukkan bagi kaum dewasa, karena selain tema-temanya absurd dan tabu, juga konten seksualnya yang kental (kalau gak bisa dibilang pervert haha). Tapi yang saya suka dari beliau adalah ceritanya mayoritas berbentuk humor kelam atau satir, tentang sisi gelap manusia dicampur aduk dengan politik, isu gender dan isu-isu lainnya. Boleh dicoba “Netsutai No Citron” (Tropical Citron).

  1. Jo Chen

Konon beliau adalah penulis manga yang brilian. Pernah bekerja sama dengan Joss Whedon (yang bikin Buffy the Vampire Slayer). Dan memang gambar-gambarnya keren, hampir mirip Benjamin. Tapi karyanya yang sudah dipublikasikan sangat sedikit dan yang bisa diakses gratis malah baru satu, ‘The Other Side of The Mirror’. Terus terang, saya suka Jo Chen terutama karena gambarnya saja sih. Seperti melihat berbagai lukisan manusia yang super detail dan indah.

  1. Usamaru Furuya

Saya suka semua karyanya. Walaupun gambarnya tidak sebagus Benjamin atau Jo Chen, tapi cerita-ceritanya sangat kuat, dengan gaya kontemporer yang tidak dimiliki oleh mangaka lainnya. Kadang-kadang, ceritanya bikin sakit secara psikologis tentang kehidupan manusia dari berbagai aspeknya. Di ‘Litchi Hikari Club’ beliau menggambarkan sekelompok remaja pelajar yang dipenuhi gagasan euforia perubahan dunia dan mengekspresikan cita-citanya tersebut dengan cara-cara yang sakit (sepertinya mencontoh gagasan nazi di era hitler), atau penuh taburan metafora seperti di ‘Palepoli’.  Jelas sekali bahwa karyanya ditunjukkan bagi pembaca dewasa, terutama Litchi Hikari Club yang kental unsur seksual, gore, dan homoseksual-nya. Kadang saya sendiri tidak menganggap jika manga beliau untuk having fun saja, tapi malah berpikir dan terlalu berat, hehe. Cobalah dua manga itu dan satu lagi, “Kanojo wo Mamoru 51 no Houhou”. Keren dari awal sampai akhir.

Sebenarnya, masih ada beberapa manga yang lain yang pernah saya baca, dan bagus sekali. Tapi tidak bisa saya tuliskan di sini semua, kadang sudah banyak lupa, dan biasanya saya tidak ingat dengan penulisnya.

Jadi, anda punya rekomendasi yang lain? Silakan di bagi !

4 thoughts on “TOP 5 MANGAKA TERKEREN DAN KARYANYA (18+)

  1. Sekarang jarang baca manga, tapi Shinobu Inokuma dengan Salad Days-nya lumayan romantis. Terlebih yang paling memorable buat saya: serial Kungfu Boy Takeshi Maekawa.🙂

    Like

Leave a Reply

