Akhirnya, Saya Bisa Membaca Peta

Tidak. Padahal sebenarnya saya bohong:mrgreen:

Ini mungkin bukan hal yang besar, sebenarnya, tapi buat saya pribadi yang tidak bisa membaca peta sama sekali dan sangat super-super malas mempelajari dan memfungsikan gadget, mencoba hal yan g paling sederhana tentang caranya mencari jalan ke tempat kos saya di Bandung tanpa tersesat ini merupakan sebuah pengalaman baru.

Sebenarnya di HP saya ada beberapa fitur untuk melihat peta dan menunjukkan arah, salah satunya yang terkenal adalah google maps. Saya baru bisa menggunakan google maps saja. sekarang saya sudah bisa melihat manfaat yang paling simpel dari fitur tersebut, yaitu rute paling efektif dari sebuah tempat ke tempat lainnya, jarak tempuh dan estimasi waktunya.

Pada awalnya saya tetap tidak paham bagaimana rute-rute itu karena hanya berbentuk gambar dan keterangan-keterangan jalan yang tidak terlalu detail. Tidak tahu tempat apa itu, harus belok ke kanan atau ke kiri, ya serba membingungkan. Dari jaman dulu memang saya tidak bisa mengerti peta sedikitpun. Atau juga penunjuk arah/jalan. Jika ada orang memberikan rute menuju sebuah tempat menggunakan gambar-gambar, saya tetap saja tersesat. Saya lebih mudah menghapalkan rute kendaraan umum saja (misal angkot).

Nah, ternyata maps yang ada di HP saya ini canggih juga (atau sebenarnya mungkin udah dari jaman kapan ya canggih, saya saja yang ketinggalan jaman). Di situ bisa terlihat nama jalan yang harus dilalui dan keterangan belok kanan, kiri atau lurus. Detail sekali. Saya temukan itu di ‘direction list’. Dan ternyata ajaib sekali! Karena dengan mudah saya bisa menemukan jalan yang benar menuju ke tujuan tanpa keraguan dan ke-tersesat-an seperti biasanya!

Jadi kemarin itu saya baru balik ke bandung lagi dari Ciamis, bersama sang adik dengan menaiki motor untuk menghindari macet. Sampai memasuki Cibiru, semua lancar-lancar saja karena rutenya memang gampang. Tapi ketika sudah berada di dalam kota, berhubung saya sendiri adalah penduduk kota Bandung palsu dan amatiran, maka kami pun sama-sama bingung. Apalagi dengan kondisi hujan lebat.  Mungkin karena kepepet dan kesal berkepanjangan, saya terpaksa menggunakan google maps yang seumur-umur tidak pernah menarik minat saya.

Pertama-tama, saya mencari direction dari tempat saya saat itu menuju ke wilayah tujuan. Dan setelah tampak di layar, maka saya memilih ‘direction list’ dan keluarkan nama jalan detil beserta rambu-rambu turn left, right atau lurus, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Dan kami berhasil mencapai tempat tujuan dengan sukses.

Ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan.

Tapi, kalau membaca dari peta langsung, saya tetap tidak bisa ternyata😐

Orang lain sudah kemana, saya masih bingung dengan google maps😥

Leave a Reply

