PENIPUAN BERKEDOK SEDEKAH MUNCUL LAGI

Ya, muncul lagi. Sebenarnya saya tidak tahu kalau hal seperti ini sudah pernah ada sebelumnya, seorang teman mengatakan bahwa penipuan dengan modus sedekah seperti itu pernah heboh, mungkin sekitar tahun 2010 (saya mengetahuinya dari sebuah tulisan di blog yang diposting tahun 2010).

Jadi begini. Minggu kemarin ada surat tanpa nama dan alamat pengirim buat adik saya. Isinya beberapa lembar tulisan mirip brosur atau selebaran dengan judul besar-besar tentang sebuah program sedekah yang diselenggarakan oleh Ustad Yusuf Mansyur (sudah pada tahu kan?). Bombastis sekali judulnya : Program Investasi Sedekah, oleh ustad terkenal pula, sungguh strategi marketing yang  tidak main-main. Siapa yang akan meragukan isi brosur tersebut jika dibuat oleh seorang ustad?

Tapi tunggu, saya pikir saya harus meragukan isi brosur tersebut saat membaca halaman judulnya sebagai berikut : “Perhatian! Kami anjurkan anda untuk membaca secara keseluruhan isi brosur ini secara berurutan, Insya Allah dapat mengubah hidup anda”, kenapa terdengar seperti janji-janji suci MLM dan orasi para motivator ya? Ditambah dengan kesaksian-kesaksian atau testimoni di dalamnya (seperti biasa hanya menuliskan nama dan kota asal).

DSC00001

Jadi ceritanya, kita diajak untuk menyebarkan kebaikan melalui sedekah dengan ikhlas sehingga blahblahblah (begitu banyak ayat yang ditulis, agar terlihat suci dan terpercaya) dan hal tersebut akan membuat kita KAYA RAYA JADI MILYARDER MENDADAK dalam waktu yang singkat, dengan cara yang sangat aneh pula. Ya, caranya memang cukup sederhana dan kalau saya ringkas alurnya akan menjadi seperti ini: 1) niat ikhlas untuk bersedekah (plus niat untuk segera dapat feedback sebanyak-banyaknya biar jadi kaya mendadak). 2) transfer uang melalui bank anu (harus bank anu, tidak boleh bank lain) 3) sebar brosur (seperti perekrutan MLM yang berantai gitu) 4) kemudian jreeeeng, dalam waktu sebulan anda akan kaya mendadak asal mengikuti pola yang sudah ditentukan dalam brosur tersebut.

Trus, kenapa bisa tiba-tiba kaya seperti itu, sampai bisa mencapai ratusan juta dalam waktu 3 bulan? Permainannya begini : di siklus pertama kita akan mentransfer uang ke 4 orang (the big 4) yang ada di brosur itu, dan posisi mereka sudah tertera jelas (kasta pemula yang baru gabung dan yang sudah lama gabung). Lalu kita akan masuk ke the big 4 sebagai pemula dan menyingkirkan orang yang paling lama gabung. Tentu kita juga menyertakan nomor rekening kita (yang anehnya harus rekening bank anu). Maka disebarlah brosur tersebut sebanyak-banyaknya. Tentunya dengan janji-janji suci diharapkan akan banyak orang yang tertarik. Jika umpan kena, maka korban baru akan melakukan hal yang sama dengan kita, itu berarti rekening kita akan ditransfer setiap kali ada korban yang tertarik. Dan nama kita akan terus tercantum di kelompok the big 4 sampai 4 kali putaran.

Sebego apapun saya, tapi pernyataan-pernyataan dalam brosur itu tetap sangat tidak masuk akal. Oke, misalnya kita kesampingkan dulu soal penipuan atau bukan dan memang hanya untuk BERSEDEKAH, tapi coba lihat lagi dengan seksama :

  1. Tidak ada yang namanya ikhlas di sini. Semua punya motif menjadikan diri sendiri kaya. Yang dibahas ya cuma keuntungan yang akan didapat oleh diri sendiri. Ya memang tidak salah sih ingin jadi kaya, tapi ya bilang saja kalau ini program usaha komersil.
  2. Ada hitung-hitungan nominal keuntungan seperti layaknya MLM bila kita sudah beberapa lama bergabung. Helooo….katanya ini sedekah, setahu saya yang namanya sedekah itu adalah memberi tanpa hitung-hitungan di akhirnya (ya kecuali dengan Allah, katanya hitung-hitungan pahala)
  3. Penyebaran brosur, itu sama saja dengan woro-woro ke publik kalau kita sudah memberi sedekah. Bukannya salah satu adab sedekah itu katanya diberikan dengan cara diam-diam, bahkan kalau bisa tangan kiri saja tidak diperkenankan tahu apa yang diberikan tangan kanan pada orang lain.
  4. Progam yang konon katanya investasi sedekah ini buat saya tak ubahnya seperti mengemis dengan cara modern. Kita bagaikan pengemis yang meminta-minta kepada orang lain supaya diberi (ditransfer) uang melalui brosur-brosur yang kita sebarkan. Iya kan?

Banyak orang berdalih bahwa kalaupun ini sebuah penipuan atau keuntungan yang didapat tidak sesuai yang diharapkan (karena tidak banyak korban yang terjerat), tapi kita tidak terlalu rugi karena modal yang dikeluarkan hanya sekitar 200 ribu rupiah saja (untuk transfer 80 ribu, untuk modal fotokopi dan sebar brosur 100 ribu), tapi coba apa yang bisa kita gunakan dengan uang itu jika tidak dibuang begitu saja? lagipula, ini bukan masalah ‘kita tak terlalu dirugikan karena modalnya relatif sedikit’, tapi penyebaran kebodohan kepada masyarakat, dan penipuan adalah kriminal.

Siapa sih yang tidak tergiur dengan iming-iming uang ratusan juta dalam waktu singkat dengan cara yang instan? Apalagi modalnya ‘hanya’ segitu saja? tapi sekali ini bukan masalah nominal uangnya, lagipula uang segitu kalau dikumpulkan dari ratusan orang akan sebanyak apa? Masyarakat mudah sekali terjebak dengan hal-hal seperti ini. oya, berikut ini adalah beberapa testimoni tentang penipuan berkedok sedekah ini, bisa dilihat di sini, sono, sana, dan situ.

Sekali lagi, hati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan dalam segala kedoknya.

69 thoughts on “PENIPUAN BERKEDOK SEDEKAH MUNCUL LAGI

    • Nah itulah mbak, kayaknya dengan taging besar-besar ‘bisa dapat ratusan juta dalam waktu singkat dan gampang’ lah yang bikin masyarakat langsung tergiur. Akal sehat tertutup sudah dengan kalimat bombastis seperti itu…

      Like

  1. saya rasa anda perlu teliti kembali. saya bisa menjawab beberapa keanehan:
    1. Sistem sedekah ini adalah SEDEKAH BERANTAI artinya jika kita ingin mengikuti program ini kita hanya perlu sedekah ke 4 orang tanpa melihat status dan siapa mereka. lalu ketika kita memasukkan nama kita, berarti kita hanya menawarkan orang lain juga untuk saling bersedekah.
    2. orang yang berada di nomor pertama akan kita buang, itu berarti memang sistem sedekah ini TIDAK menguntungkan pribadi siapapun. sebab tidak bermuara kepada satu pihak. justru ini membuktikan bahwa ini BUKAN PENIPUAN. jika nama anda telah disedekahkan oleh orang selanjutnya sebanyak 4 kali juga nama anda akan dihilangkan.. jadi di mana penipuannya???
    3. kalau anda katakan: kenapa sedekah harus pake syarat segala, maka saya katakan: ini hanya sekedar PROGRAM, sehingga sangat wajar jika diatur dengan syarat-syarat tersebut dengan tujuan yang baik.
    4. jika ada yang mengatakan: “sedekah ini berbau riya karena kita harus menempelkan bukti sedekah kita”. maka kita perlu ketahui bahwa riya adalah masalah hati yang tidak diketahui kecuali Allah. dan bukti transfer tersebut hanya untuk menjaga keotentikan syarat program ini. Dalilnya bahwa Rasulullah saw pernah memuji seseorang yang bersedekah dengan terang-terangan karena memancing orang lain untuk bersedekah. bahkan orang-orang munafiqlah yang menuduh lelaki yang bersedekah tersebut dengan tuduhan riya.
    5. jika ada yang mengatakan: “kita mestinya mengharap ridho Allah dalam bersedekah, bukan keuntungan duniawi”. maka kita perlu tahu bahwa program sedekah ini juga mengharapkan balasan dari Allah, sebab setelah kita sebarkan surat sedekah ini, kita tinggal bertawakkal kepada Allah sepenuhnya. karena hanya Allah yang menggerakkkan hati pembaca, apakah ia mau ikut program ini atau tidak. adapun mengharapkan keuntungan duniawi, maka hal itu diperbolehkan dalam agama. sebab Allah dan Rasul-Nya sendiri yang memotivasi kita untuk sedekah dan menjanjikan keuntungan yang berkali-lipat. jika memang tidak diperbolehkan untuk mengharapkan hal itu, untuk apa Allah janjikan dengan janji-janji seperti itu??? yang tidak boleh jika kita HANYA berharap balasan duniawi SAJA, tapi jika kita mengharapkan balasan dunia-Akhirat, hal itu sah saja…
    6. jika memang program sedekah ini bukan dari Ust. Yusuf Manshur, saya rasa tidak ada masalah selama sistem program ini baik dan TIDAK ADA KEHARAMANNYA.
    7. sedangkan masalah keuntungan yang menurut kita tidak mungkin, tapi menurut ALLAH semua hal adalah MUNGKIN. karena kita tidak berharap pada balasan makhluk yang faqir dan miskin, tapi kita berharap balasan ALLAH yang maha kaya dan kuasa.
    8. dan perlu diingat bahwa ini BUKAN MLM. sebab kita tidak perlu jual barang, dan TIDAK ADA PEMAKSAAN sama sekali. namun saya harap tidak perlu mencegah orang-orang yang ikut dalam program ini.
    maka sekarang saya meminta kepada penulis artikel di atas untuk MEMBENARKAN dan MENINJAU apa yang telah saya paparkan…
    saya adalah salah satu pengajar ilmu syariah jadi saya pun meneliti dan menkaji terlebih dahulu program ini…
    terima kasih dan mhon maaf

    Like

  2. astghfrlloh. hai org2 yg pnya iman yg pnya hati yg mkirkn kadaan msyarkt. program PIS sgt bgs guna mmperkuat eknmi umat n kuat iman. org yg ikt prgm ni tu org2 yg butuh bgt spt saya, klo da yg mngatkn penipu brrti org tu mncegah org mmbantu ssma. dosa kn, org yg tdk mny7i sabda alloh n rosuly. jd kufur to.
    bg org2 yg kaya, g prlu ikt untk nmbah kkayaan. org ky shrusy hny mw brsdkah/transfr g prl mncantmkn nmy.
    hati2 klo mnulis artikel,
    wsslm

    Like

  3. Saya ikut program ini dan alhamdulillah dalam kesempitan saya sangat terbantu dengan prgram ini dan saya sudah merasakan hasilnya.jika dianggap menipu dimana menipunya? Ini program suka rela kok ,jika tidak berminat ya ga usah ikut yang penting dalam m mengikuti program ini intinya jujur ikhlas dan berserah mohon pada Allah.
    Maaf jika mbak menganggap ini penipuan itu salah besar,ya mungkin ada segelintir orang yg menyalah gunakan program ini

    Like

  4. sedekah nggak perlu ikhlas, nanti malah nggak sedekah, sedekah saja, Allah yg tau ikhlas atau tidaknya.
    dan berbagi itu tidak pernah rugi.
    untuk yang buat artikel ini, saya sarankan ikuti investasi ini biar tidak kelihatan bego.
    saya masyarakat indonesia yang kurang tau banyak tentang sesuatu yg menghasilkan, tapi sekurang-kurangnya pengetahuan saya, saya tidak bego, kalo ada cara yg modalnya sedikit tapi untungnya banyak, kenapa harus cari cara yg untungnya nggak seberapa n belumtentu di jalanNya dan pastinya belum tentu ikhlas jalaninnya.

    Like

    • maaf sebelumnya pak, dalam bersedekah itu kita harus ikhlas, jangan sedikitpun mengharapkan imbalan. jangan jadikan sedekah sebagai roda perputaran modal bisnis yang seperti bapak tuturkan diatas. “kalo ada acara yang modalnya dikit tapi untungnya banyak”
      Berarti sama saja bapak melakukan sedekahnya itu mengharapkan imbalan.
      dan sama aja bapak seperti berbisnis didalam sedekah ini.
      coba sama sama kita kaji ilmu agama kita.

      Like

      • ini Real sah, tidak ada unsur penipuan mba. toh namanya juga kita mau membantu sesama, makanya baca kurang mba biar tau arti sedekah, di qur’an aja kalo kita sedekah bakalan diganti 10 kali lipat oleh allah. dan ga ada salahnya toh kalo kita sedekah mengharapkan balasan dari allah dengan berikhtiar seperti ini

        Like

  5. Mohon maaf kpd semuanya, program ini memang bnyk kontroversi, janganlah menjadi perpecahan diantara umat islam hanya krn masalah ini, lakukanlah apa yg menurut anda baik dan bermanfaat utk org banyak, tapi janganlah melakukan apa2 yg anda ragukan krn itu akan membuat anda menyesal dan menjadikan anda selalu berfikiran negatif terhadap apapun yg justru bagi orang lain itu sangat bermanfaat. untuk program investasi sedekah ini lakukanlah bagi yg percaya dan ingin berbagi kesejahteraan kpd org banyak, intinya harus Ikhlas,jujur dan percaya insya Allah ada manfaatnya. Pengalaman saya sudah 1 tahun menjalankan program ini hasilnya Alhamdulillah sudah lebih dari cukup untuk dinikmati dan bisa bnyak lagi membantu orang yg susah. bagi yang mau dan percaya utk menjalankan program ini hub 081910075121 akan saya kirim bundel programnya.
    wassalam………

    Like

  6. jan dulu berpasangka buruk,gimana kalau dibalikin gini kepada yg menyebut PIS ini penipuan,apakah anda sanggup ngasih 7M atau 100jt pling kcil kpd setap org yg membutuhkan?apakah snnggup ga

    Like

  7. iyaaa… pada buruk sangka aja, nih buktinya saya coba ikutin program ini, tadinya ikhlas aja gak ngarepin hasil… ehhhh sungguh diluar dugaan 4 bln kemudian saya cek saldo tabungan ada uang Rp.11.000.000,- ha ha ha…. Alhamdulillah…
    by… Yani 085320303828

    Like

  8. Yang mengatakan umat islam bego,pengajarnya bego,apakah sebenarnya anda bukan muslim. Positif aja Investasi ini bertujuan baik berbasis sedekah menurut islam, gotong royong saling membantu bahu membahu dalam pengentasan kemiskinan. Kalau anda tidak setuju dengan program ini ga usah ikut ga perlu ganggu kelancaranya.

    Like

  9. Tadinya juga saya ragu dg program ini, tapi ketika saya renungi apa salahnya mencoba, mudah2n bermanfaat utk org banyak. eeehh ternyata sahabat saya Bpk Akbar juga menjalankan PIS ini, dengan saran dan petunjuknya akhirnya saya jalankan program ini, diluar dugaan ternyata baru 4 bln sudah ada hasil 3 jutaan broo…. Alhamdulillah, tank,s ya pak akbar sudah memotivasi saya. sukses selalu utk semua Amiiin…

    Like

  10. org berlagak’ pintar yg mengatakn program ini penipuan…program tsbt saling membantu antar sesama..org yg tdk senang mungkn dia takut nga’ ada org yg bakal di perbudaknya nanti….

    Like

  11. Ini adalah blog pribadi yang berisi tulisan-tulisan dari pandangan saya pribadi, sebagai penulisnya. Apapun yang berada di sini adalah benar-benar pandangan yang subjektif, apapun yang saya tulis bisa saja salah atau sebaliknya. Dengan demikian, mari berbagi dari sudut pandang anda sendiri dan belajar bersama🙂

    Tinggal di Bandung. Saya suka menulis dan membaca karya fiksi. Penulis-penulis yang saya sukai dan banyak mempengaruhi saya adalah Jane Austin, Paulo Coelho, Hans Christian Andersen, Yasunari Kawabata, Sadeq Hedayat, Agus Vrisaba, dan Anis Matta. Banyak sekali ya? Saya menyukai novel The Devil and Miss Prym (Paulo Coelho), Buah Delima (Yasunari Kawabata), dan The Blind Owl (Sadeq Hedayat). Saya bisa dihubungi via email rosemary2nd@gmail.com

    Saya juga penikmat film dan musik.

    =============================

    Anda suka berhayal ya..klw liat tentang di blog anda…makanya pikiran anda picik….sharing dulu sama org yg ahli baru berkomentar ….. jangan berkomentar klw ilmunya tdk mencukupi…jadi anda ketahuan bego’ nya..

    Like

  12. klaw boleh tau anda katanta suka menulis karya apa yg sudah diterbitkan anda…kaya’nya anda pintar banget dalam berkomentar…tanpa pemahaman yg dihimpun dari berbagai sumber.

    Like

  13. wlaupun sya msh awam mengnai syariah islam.sy prnah dngar bhwa diwajbkn zakt dn disunhkn sdkah itu untk memajukn prekonimian suatu bngsa.saat itu,sy g bgtu pham kok bisa bgt.stlah ada progrm PIS ini bru logika sy trbuka.”klo menurut sya,gk mendukng program ini,sma sja dgn gk mendukng kemajuar prekonomian indonesia”

    Like

  14. semoga apa yg anda smua ktakn murni hanya krna iklhas lillahi ta`ala
    toh klo mmang nie pnipuan,,,,
    bisa kita tanggung sndri di akhirat nanty
    insya allah saya akan ikut investasi ini
    do`akn smoga smua ni tak brkedok pnipuan
    slam,,

    Like

  15. Benar tuh kang wildan, ikut aja jangan ragu… saya sudah merasakan hasilnya luaarrr biasaaa…. bimbingan dan motivasi dari pak akbar membuat kami terus menyebarkan program sedekah ini ke pelosok bumi nusantara ini.. trank’s ya pa akbar.. teruskan dan lanjutkan….. he..he..he..

    Like

  16. saya heran, memang di ajaran islam itu di di sunnah kan untuk kita bersedekah. tapi dalam sedekah itu kita tidak boleh mengharapkan sedikit imbalan. bahkan dijadikan lahan bisnis.
    bukannya ada pepatah tentang sedekah, ” tangan kanan memberi, tangan kiri gak boleh tahu”
    tapi kenapa ada program sedekah dengan mengumbar umbar nomor rekening??
    Nahh gimana tuh ilmu agamanya???

    Like

  17. Saya dr pertama mendptkan dan menbaca brosurnya sdh percaya bahwa program ini tidak merugikan bg orang lain, saya mengikutinya.. Alhamdulillah di minggu pertama sdh ada yg transfer mski blm seberapa tp ini sdh menunjukan bahwa di masyarakatpun juga byk direspon positif dan di minggu keduapun saldo rekening saya juga bertambah. Saya kasihan pd orang yg mencibir, meremehkan, berpikiran negatif pd program ini, lbh baik anda mencoba drpd suatu saat anda menjilat ludah anda sendiri. Yg kita lakukan itu smua kembali pd niatnya.

    Like

  18. Wahai Bp/Ibu/ sdr/ adik / mbak / mas dll.
    Siapun yang buat blok ini terserh aja blok nya mau dibuat yg besar beli DOMAIN sekalian aja….atau pasang iklan di Televisi nasional ataupun dunia… tp ingat yg namanya kebaikan tetap tdk akan pernah padam.. ini brosur sebetulnya sudah ada sekiatar tahun 2000 an . waktu itu Cuma Rp. 5000 tp mengingat keadaan masyarakat Indonesia sedemikan parahnya maksudnya Indonesia sekarang bukan Negara berkembang lagi tetapi Indonesia sekarang Negara Hutang , sebab semua Rakyat Indonesia pasti punya hutang semua . katanya kaya hutangnya besar bahkan besar sekaliiii begitupun yg miskin jg punya hutang biarpun keecil ( bank plecit kata orang jawa ). Selanjutnya munculah brosur sedekah tersebut siapa tahu bisa meringankan penderitaan masyarakat Indonesia . Kita bayangkan jika semua rakyat Indonesia tanpa terkeculai termasuk para menteri dan Presidennya mau menjalankan program tersebut niscaya rakyat Indonesia akan makmur, semua kaya , tidak ada yg hutang dan yg penting lagi masyarakat indonesia gemar bersedekah……tdk banyak hanya 80 Rb piker browwwwwwwww………tp jika anda terlalu banyak analisa sok pinter sok kutbah sok lainnya itu menunjukkan bahwa anda adalah orang yg pelit tp bersembunyi dibalik anlisaaaaaaaaa…….. tunggu aja brosur itu tetep jalan terus sebab brosur itu niatnya baik dan efeknyapun akan berimbas pd semua jd kaya utk day g mau jalankan, selamat miskin dan sakit hati bagi yg tdk setuju…….

    Like

  19. Bagi anda yg punya hutang banyakkkk , jangan risau…….
    Jalankan brosur ini dengan niatan yakin , ikhlas dan jujur dan jangan lupa laukan ibadah dengan tepat waktu. insya Allah bisa jadi solusi
    Q sendiri buktikan…..he he he ( kalau tdk teman tak akan kuberi tahu )

    Like

  20. Penipuan ataupun tdk itu kita sendiri yg jalani toh Cuma 80 Rb, q sendiri menjalankan dan hasil. Lumayan bisa bayar hutang…….
    Pesenku yg jalankan monggo yg tdk jg monggo ………

    Like

  21. nih saya kasih trikjitu buat anda yang lagi kesulitan economi. jangan ragu mengikuti pogram ini dari pada nyogok masuk kerja, ini terjadi sama temen saya dia membantu gatau siapa yang memperkenalkan brosur lalu transfer ke4 rekening bank biasanya yang online. dan ga tangung dia meng copy brosur menjadi 1000 dan di masukan amplop lalu ditebar satu persatu di berbagai tempat yang banyak di kunjungi orang.

    Like

  22. Perkenalkan nama saya: Agus Mardi utomo.
    Saya bekerja sebagai buruh serabutan.
    Mungkin saya bukan seperti sobat2 yang berpendidikan tinggi, saya hanya tamat SMP.
    Orang tua tinggal di kontrakan, saya sendiri numpang di tempat orang.
    Saya dapat brosur itu di sebuah toko, tp saya bingung mau transfer, belum punya ATM, setelah satu bulan kemudian baru saya punya uang 300 ribu untuk buka rekening.
    Sudah 5 bulan ikut program ini tp belum ada hasilnya, karena saya hanya foto copy 20 lembar, masih sedikit.
    Tapi saya percaya ini bukan penipuan.
    Saya fakir, saya butuh bantuan.
    Saya ingin bisa membuatkan rumah untuk orang tua supaya tidak ngontrak lagi, saya ingin punya rumah makan, supaya saya bisa memberi makan anak-anak fakir, tapi siapa yg mau bantu..?
    Bila sobat ada yang ingin mendapatkan brosurnya, bisa hubungi saya di 083867918000, saya akan kirimkan brosurnya lewat pos.
    Atau sobat ingin bersedekah ke saya ini no rekeningnya BRI 3091.01.000874.50.4 a/n Agus Mardi Utomo.
    FB : Ajuz Berlian. Boleh di add.

    Like

  23. Mas2, mba2 saya sudAh dpt brosurnya.. Terimakasih ya. Tp sudah saya buang karena tidak bermanfaat dan merusak kaidah dari kata sedekah. Seumur*2 saya tdk pernah meminta dari org yg mensedekahkan saya. Klw memang kalian sedang mengalami kesulitan coba jgn memandang ini sebagai sebuah peruntungan. Dalam brosur yg saya baca sangat tidak relevan dan sangat menyompang dari kata sedekah. Mohon brosur ini jgn dibagikan ke org lain. Kasihan.. Dengan memanfatkan keadaan seseorang yg sedang susah dicarikan jalan yg seperti ini. Dan klw memang ini bukan dari ust. Mansyur tolong jgn di jadikan ajang pengangkatan brosur kalian. Wlwpun kita susah masih banyak hal lain yg bs dilakukan jgn berputus asa. Jgn remehkan uang yg anda berikan dan mengharapkan imbalan. Sekian.

    Like

  24. Waduh bu siti, ustadz aja sekali ceramah bayarannya bisa sampai ratusan juta, mosok yg orang miskin sedekah 80000 gak boleh, mengharapkan balasan ∂α®ΐ orang miskin lainnya, berarti semua ustadz yg disedekahin ama orang miskin dalam amplop itu Iblis dong,,,, susah Ƴɑ bu zaman sekarang. Coba dah ibu undang ustadz kampung aja, kalok gak ibu sedekahin mau datang lg gak kalok ibu undang lagi.

    Like

  25. Kl menurut saya,Ϋά̲̣̥ηġ dipermasalahkan disini adalah adanya kata sedekah dmn tiap org mengartikan berbeda.
    Coba kalau tdk ada kata sedekah & mungkin jg tdk mbwa nama Ust,pasti akan beda hasiilnya.
    Coba kita pikir dan renungkan kembali arti sedekah Ϋά̲̣̥ηġ sbenarnya/sblum adanya program ini apkah anda pernah bersedekah (dmna,kpn,kpd siapa dan ap Ϋά̲̣̥ηġ anda pikirkan waktu memutuskan untuk bersedekah),pasti sangatlah berbeda dng “sedekah” pd program/sistem ini.
    Kalau menurut pengertian sy ini ibarat mancing ikan pakai 4 kail dng umpan uang 20rb.
    ˚╬╬ϱϱ˚╬╬ϱϱ˚╬╬ϱϱ˚ 

    Like

  26. ada sistem Onlinenya Brooo . . . biar tdk ribet
    Rahasia KEAJAIBAN SEDEKAH akhirnya terungkap,
    Dapat Transferan Berkali2 hnya biaya aktifasi 50rb berlaku selamanya . . Cuma copi paste Di Jejaring Sosial (y)
    Daftar KLIK http://goo.gl/4Z424i

    Like

  27. Nah klo program ini benar..kok makin banyak org peminta2 di jalan..makin banyk yg ngamen..makin banyk yg jalan2 meminta sumbangan..
    Kenapa tdk ikut program itu saja..biar cept kaya…? Iya kan..

    Like

  28. Yg minat silahkan, Yg gak minat jg gpp koq.. . . . .
    .
    Asli gan..!! ane dpt transferan 10rb berkali-kali..😀
    HANYA dengan modal 50rb sekali doank,, . Kita dapat peluang mendapatkan 100JUTA lebih…!!!
    Systemnx sangat sederhana, mudah dipahami, dan sangat Masuk Akal.. . .
    Peluang dan Kesempatan yang benar2 Briliant…!!! . . . . . Ayo coba gan.. . .😀
    Coba pelajari sistemnx,, pasti tertarik.. .🙂
    http://keajaibanshadaqah.com/?id=ALfianALfiun
    , . . Lumayan gan, dapat recehan 10ribuan buanyaak..😀
    gak perlu repot2 fotokopi,, . lebih praktis dan efektif,. . .

    Like

  29. Dijogjakarta baru tadi saya dapat fc buat investasi sedekahnya, alhamdulilah setelah mbaca blog ini saya gak jadi ngirim uang.. trimakasih

    Like

  30. Yang belum pernah baca brosur nya atau yg di web site….dibaca dengan teliti,,,dan kemudian renungkan, jika menurut anda ga baik, jgn dijalankan, klo menurut anda baik jalankan saja,,,karena kita juga menstransfer hanya sdikit uang kita kpd org yg tdk dikenal tanpa memandang status apapun, brrti kita ikhlas,,,

    Coba kalau setiap org melakukannya tanpa berfikir sayang uang, klo ga salah cuman total 50rb, masing2 org yg tdk kenal 10rb) pasti byk org yg sudah terbantu sama program ini…
    Kecuali klo transfer ke hanya 1 org saja atau 1 kelompok,, nah yg seperti itu yg patut dipertanyakan, karna dana bisa mengendap di slah satu pihak,,

    Mungkin justru org yg kaya yg menganggap ini penipuan, karena mereka sayang mengeluarkan uang mereka, walaupun alasan nya/sistem nya sangat logis (sangat masuk diakal).

    trus, sebelum berpendapat, coba dibaca/ direnungkan dahulu,, jgn asal ceplos ceplos saja ( maaf y, bukan yg berpendapat disini ko 🙂

    Marilah bersedekah dimana pun anda berada….

    Like

  31. Yang pasti program ini penipuan, dimana penipuannya? Penggunaan nama ust. Yusuf mansur, padahal ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan beliau, jika sesuatu sudah diawali dengan kebohongan, saya rasa pasti tidak bagus.

    Like

  32. Namanya juga sedekah,siapa yg mau sedekah silahkan.yg gk mau y gk dipaksakan.tapi kata orang bijak.lebih baik tangan d atas daripada tangan d bawah.sedekah sedikit gk apa2.

    Like

  33. kalo mnurut ane ini bgus krna bersipat saling bantu..kalo ada yg menjelekan program ini.coba ente bsa gak bikin program yg saling menguntungkan gitu…jangan hanya komen keburukannya aja tpi hrus bsa mempersiapkan solusinya.mengingat msi banyak rakyat indonesia yg hdup dlm kemiskinan.

    Like

  34. Dimana letak kriminal nya …ini program gotong royong…anda mentransfer ke 4 orang ..lalu 1 orang yg sangat sejahtera di hapus ..dan simpan nama anda di urutan 1..setelah di copy tertera nama anda ..sebarkan dan anda akan didelete jika sudah mencapai urutan 4..

    Like

  35. Luruskan niat….biarkan anjing menggonggong,sebarkan kebaikan,perkuat ibadah dan sedekah.brosurx baca yg jeli,pahami,telaahdan renungkan.terus jalankan dg cerdasss…perlu brosur yg sdah sya edit dan mudah di pahami,hub 081354808574.

    Like

  36. Gan …sekarang banyak orang yang mengatas namakan Ustad dengan cara cara yang haram seperti yang mengatakan judi disamakan sedekah, halal lagi. sekarang jaman bego dan edan jadi segala jalan ditempuhnya….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s