Festival Origami di Bandung

Mendengar kata ‘origami’, yang pertama muncul di kepala saya adalah Jepang. Anda juga begitu bukan? Origami adalah salah satu hal yang identik dengan Jepang selain tentunya bunga sakura. Origami merupakan seni melipat kertas yang sudah diperkenalkan pada masyarakat kita semenjak anak –anak. Ada kertas khusus, biasanya saya menyebutnya kertas origami, yang bisa dibuat untuk membuat berbagai bentuk sederhana seperti hewan, bunga, dan lain sebagainya. Kertasnya berupa kertas polos warna –warni yang pastinya sangat disukai anak –anak.

Sebenarnya origami sendiri memiliki sejarah unik di Jepang, dan saya baru tahu kalau bentuk pertama yang dibuat dalam seni origami ini adalah burung bangau ! Selama ini saya hanya menganggap origami sebagai kerajinan tangan yang tidak terlalu istimewa karena bentuknya yang begitu –begitu saja sesuai dengan contoh yang tertera dalam panduan di setiap kemasan kertas origami di Indonesia. Meskipun kemudian saya tahu bahwa di Jepang sendiri origami memiliki nilai seni yang tinggi dan bentuk yang dihasilkan bisa begitu indah, namun karena belum pernah melihatnya sendiri, saya juga tidak begitu tertarik untuk mempelajari origami. Pun mencoba membuatnya.

Dan beberapa hari kemarin, saya berkesempatan berkunjung ke acara Festival Origami di Bandung Trade Center yang diselenggaran oleh sanggar dan komunitas origami di Indonesia (bahkan mendapat piagam rekor muri sebagai penyelenggaraan komunitas origami terbesar yang pernah ada). Di sana dipamerkan berbagai bentuk origami yang belum pernah saya lihat sebelumnya.

Ya, ternyata origami bukan hanya tentang melipat kertas dan kita menjadi senang karenanya, tapi origami adalah sebuah seni yang memiliki keindahan khas sendiri dengan kerumitan bentuk dan corak warna yang dimilikinya. Saya menjadi kagum dengan para origamer (istilah ngasal saya untuk para pembuat origami) yang membuat bentuk –bentuk yang sangat rumit dan detail –apalagi benda yang dibentuknya kecil sekali. Ada T-rex, pasangan orang yang sedang berdansa, dan masih banyak lagi. Begitu indah!

Ini adalah salah seorang origamer cilik yang sedang khusyu membuat bentuk anak naga yang akan disandingkan dengan induknya (yang sudah dia buat duluan) dalam lomba membuat origami untuk kategori advanced (sulit) . Sungguh mengagumkan. Kertasnya bercorak –corak mirip batik. Keren sekali. Saya sampai speechless melihatnya langsung dari dekat, memperhatikan gerakan tangannya yang cekatan dalam melipat kertas itu kecil –kecil dan sepertinya nalurinya sudah menuntun jemarinya untuk membuat bentuk yang sudah tercetak lebih dalam kepalanya. Sangat terlatih.

Oya, ada juga yang namanya kirigami, dengan bentuk –bentuk yang rumit. Konon yang membedakannya adalah bahwa kirigami bukan hanya melipat tapi juga menggunting. Saya juga belum begitu familier dengan teknis membuat kirigami, tapi saya sering melihat hasil karya yang menempel di kertas dan bisa dilipat, tapi saat dibuka lagi lipatannya bentuknya kembali seperti semula, misal menjadi bentuk rumah atau sarang burung. Keren banget.

Andai origami dan kirigami itu  bisa bawa pulang…hiks..

One thought on “Festival Origami di Bandung

Leave a Reply

