BACABACABACA (Lagi) !!!

Bisa dibilang, sejak kecil saya kerasukan sebuah minat pada membaca segala hal yang tertera –bahkan, di kertas –kertas secuwir bekas bungkus bawang dari warung dekat rumah. Pada tahun –tahun semasa saya kecil dan tumbuh meremaja di sebuah kampung kecil, segala sumber informasi dan ilmu pengetahuan masih minim. Sekolah adalah tempat satu –satunya kita menjadi terdidik secara intelektual pada waktu itu, dan tentunya juga: televisi.

Memang ada beberapa orang yang sudah berlangganan majalah, tapi majalah macam apa yang bisa menjangkau kampung seperti itu? Orang tua saya, bisa saya bilang, tidak mendidik saya untuk cinta buku. Tidak ada banyak buku di rumbah selain buku –buku pelajaran sekolah yang membosankan. Bahkan orangtua saya ‘hanya’ pernah sekali berlangganan sebuah koran sunda jadul (yang mungkin sekarang sudah tidak ada lagi, saya kurang tahu). Lupakan Republika, National Geographic, dan yang semacam itu. Saya bahkan tidak pernah mengenal majalah –majalah semacam itu sampai remaja. Atau apalagi internet.

Tetapi mata saya, entah kenapa selalu jeli melihat tiap barisan kalimat luar biasa dan baru saya lihat walau hanya dari bekas bungkus gorengan yang dibeli ibu. Kadang –kadang, saya mengumpulkan bekas –bekas kertas itu (biasanya koran) dan membaca apapun yang ada di sana. Beberapa yang saya ingat dari pengetahuan yang saya dapat dari bekas –bekas koran itu semisal, fotografer terkenal bernama Robert Capa dengan foto –foto legendarisnya, seorang professor yang berhasil memecahkan rumus matematika yang belum pernah terpecahkan sepanjang masa, sebuah cerpen berjudul Thoughts in The Dark (Kazuhiko Tsuzuki, kalau tidak salah) –cerpen yang membekas dalam diri saya sampai hari ini, dan beberapa informasi lainnya.

Mulai hari itu, saya bercita –cita ingin memiliki buku berbagai jenis yang banyak sekali. Sungguh cita –cita yang cukup sederhana bagi seorang anak kecil kampung kan?

Kegandrungan saya pada membaca dipicu oleh suka-nya saya pada tulis menulis. Saya butuh banyak membaca buku agar saya bisa menulis dengan baik. Dan cita –cita mulai sedikit demi sedikit terealisasikan saat kuliah. Kebutuhan pada buku (bukan buku pelajaran, tentunya) makin menjadi –jadi karena saya iri pada orang –orang yang begitu luas wawasannya. Saya pun ingin jadi seperti mereka. Saya ingin mengetahui banyak hal, dari buku. Berbagai macam buku, bahkan buku mengenai hal –hal yang jarang dibaca orang pun, saya selalu ingin mengetahuinya. Saya ingin tahu.

Dan, saya bisa membeli buku –buku itu sedikit demi sedikit dari uang saku sendiri (saya tidak mungkin meminta dari orangtua walau masih kuliah). Dan saya melahap buku –buku itu dengan penuh semangat. Walaupun sampai sekarang buku yang saya punya belum begitu banyak dan sudah tercerai berai, tapi saya tetap merasa senang. Masih banyak buku yang ingin saya beli, dan saya baca. Banyak sekali. Saya kadang membuat list buku –buku bagus yang saya temukan untuk nantinya dibeli. Tapi sampai sekarang, hal tersebut belum terwujud. Berbagai alasan (sebetulnya karena saya kurang memaksakan diri untuk menyisihkan uang sih) selalu digunakan untuk melakukan pembenaran atas kemalasan saya membeli buku lagi.

Oya, ada banyak dari buku tersebut juga merupakan hadiah dari kawan –kawan baik saya. Terimakasih kepada mereka semua😀

Dan, sekarang, saat melihat tumpukan beberapa buku di kosan yang terlantar berbulan –bulan lamanya, saya jadi sedikit tercerahkan. Betapa julukan ‘kutu buku’ yang semasa kecil tersemat ke saya sekarang sudah memudar. Kemana semangat itu? Ah, kenapa saya tidak membaca buku –buku itu segera? Sibuk? Ah, saya selalu saja sok sibuk. Mungkin bisa dimulai pelan –pelan saja.

Saya ingin membaca buku lagi sekarang! Buku yang ada saja dulu. Nanti saya mesti membuat list buku yang akan dibeli setelah me-refresh kembali referensi yang sudah terkubur lama.

Kawan, selamat membaca!

3 thoughts on “BACABACABACA (Lagi) !!!

Leave a Reply

