In The City of Sylvia [Review]

Pernahkah anda bertemu seseorang yang membuat anda begitu terkesan sehingga menginginkan pertemuan lainnya dan bahkan mencari orang tersebut dengan hanya mengandalkan ingatan –ingatan sekilas saja tentangnya? Jika pernah, maka film ini bisa mewakili anda mengenai pencarian tersebut dengan cerita yang amat sederhana dan visualisasi yang teramat indah.

Filmnya berjudul In The City of Sylvia (Spanyol, 2007) –judulnya membuat saya penasaran, disutradarai oleh Jose Luis Guerin, dibintangi oleh Pilar Lopez de Ayala dan Cavier Lavitte.

Ceritanya yang amat sangat sederhana, bahkan bisa terjadi kepada siapa saja, membuat saya berpikir bagaimana film berlatar belakang ringan dan sederhana ini bisa begitu indah. Mungkin minimnya dialog (bahkan bisa dibilang nyaris tanpa dialog sama sekali), suasana yang sunyi, dan detail adegan lah yang membuatnya menjadi unik dan saya merasa film ini sangat asik buat ditonton tanpa bosan sama sekali. Inilah pengalaman menonton saya di masa kini yang sangat berkesan dan tidak mudah dilupakan (biasanya film –film berkesan itu saya tonton pada masa kecil, sekarang jarang menemukan yang benar –benar unforgettable). Sepertinya karena referensi genre film saya bertambah, dan In The City of Sylvia adalah salah satu ‘coba –coba’ saya menonton film non –mainstream. And Yeah, I like it !

Seorang pemuda (yang tidak disebutkan namanya) menyusuri jalanan kota Strasbourg untuk mencari seorang perempuan yang pernah ditemuinya beberapa tahun lalu di sebuah bar. Dan pemuda ini bisa menggambar wajah orang dengan bagus. Sederhana sekali kan? Pemuda ini menghabiskan waktu seharian untuk duduk di sebuah café hanya untuk memperhatikan tiap muka orang yang berada di situ (para perempuan, tentunya) sambil menggambar wajah mereka dan mencocokkan dengan wajah yang tersimpan di dalam otaknya.

Sampai akhirnya dia melihat sebuah wajah cantik yang sangat diyakininya merupakan orang yang dikenalnya. Dari sini lah dia membuntuti perempuan tersebut, sampai berblok –blok di kota itu, seperti kucing –kucingan. Hampir lebih dari setengah durasi film ini memperlihatkan adegan kejar –kejaran di jalan kota kecil tersebut. Detil latar belakang tempat diperlihatkan dengan begitu keren. Sudut -sudut kota, gedung -gedung, orang yang berlalu lalang, pedagang asongan, bentuk dan tekstur jalan yang dilewati. Semuanya menjadi istimewa saat diambi dari sudut pandang yang unik. Mungkin dalam keseharian kita melihatnya hanya biasa -biasa saja. Dan saya pun terbawa untuk terus mengikuti penelurusan pemuda tersebut, ingin tahu apa yang akan terjadi kepada mereka. Apakah benar bahwa perempuan yang diikuti pemuda tersebut adalah yang dicarinya? Atau bagaimana? Atau berhasilkan pemuda tersebut menemukan orang yang dicarinya?

Ya, ceritanya memang hanya begitu saja. Simpel. Saya juga pernah bertemu dengan orang sekilas dan berkesan, lalu berharap bisa bertemu lagi dengannya. Kadang, jika melihat seseorang yang lain saya berpikir bahwa mungkin itu adalah dia. Walaupun tidak sampai mencari –carinya, tapi perasaan –perasaan seperti itu sangat menyenangkan.

Oya, adegan saat melukis wajah –wajah orang di café itu begitu unik. Kamera mengambil sudut –sudut yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Keren sekali. Dan, film ini juga minim dialog. Tercatat hanya sekali dialog panjang dan kurang dari 3 dialog –dialog pendek diantara tokoh –tokoh yang muncul sekilas di film ini. Selebihnya, kita hanya akan melihat adegan –adegan diam yang keren.

Tapi, ini hanya persepsi pribadi saya saja sih. Karena menikmati film juga bergantung selera personal kan? Menurut saya bagus dan keren, belum tentu menurut anda. Jadi kita baru  bisa menilainya sesudah menonton sendiri. Dan bagi saya, film ini worth to watched banget. Jika anda menginginkan menonton film yang tidak biasa dan non –mainstream (maksudnya bukan produk Hollywood), anda bisa mencoba film ini.

3 thoughts on “In The City of Sylvia [Review]

Leave a Reply

