Sederhana Yang Menjadikan Bahagia

Pernahkah kalian menghitung berapa hari dalam seminggu atau sebulan, kalian merasakan satu hari yang sangat menyenangkan? Kesenangan yang tulus dari dalam lubuk hati, membuatmu tersenyum dengan wajah penuh cahaya dan tanpa gurat beban? Sehingga orang lain pun turut merasakan cerahnya hatimu dan tersenyum untukmu -merasa begitu senang melihatmu?

Jika satu hari yang menyenangkan itu adalah hari ini, apa yang bisa membuatmu begitu bersemangat dan penuh senyum tulus hari ini? Sesuatu yang besarkah?

Bagi saya, ternyata tidak perlu hal -hal yang (dianggap) besar untuk bisa merasakan lapangnya hati dan senyuman tanpa beban tiap harinya. Dan walaupun saya tahu tentang hal itu, sayangnya, saya kadang tidak merasakannya setiap hari. Hal -hal kecilpun bisa amat membahagiakan. Hal -hal kecil pun teramat berharga dan memompa semangat hidup, untuk bisa berpikir lebih terang benderang bahwa kehidupan menyimpan banyak hal yang menyenangkan, yang kadang luput dari kita karena kita terlalu memikirkannya dengan rumit.

Tidak perlu berjalan terlalu jauh tiap harinya. Tidak perlu traveling out of town, jalan -jalan di mall, belanja -belanji, atau sekedar nonton dan hal -hal lainnya yang kadang kita terbatas melakukannya. Tapi, yang seringnya saya lupa, bahwa kebahagiaan tulus bisa didapat dari dalam rumahmu sendiri -bersama orang -orang yang tiap hari bersama denganmu. Yang seringnya luput dari pengamatanmu saking seringnya bertemu.

Dan, salah satu kebahagiaan yang saya temukan adalah bermain bersama anak -anak yang tinggal di kosan hari ini : dua kakak beradik yang pintar dan ramah. Mereka tinggal di depan kamar kosan saya, dimana saya tiap hari melihat dan bermain bersama mereka sepulang kerja.

Anak -anak, punya sejuta cerita yang polos dan sederhana. Jika mereka sudah merasa dekat denganmu, mereka akan menyambutmu dengan senyuman ceria, kadang memelukmu dan berbicara tanpa henti tentang hal -hal yang terjadi pada mereka dalam satu hari itu. Kau hanya harus mendengarkan mereka, dan terlibat dalam pembicaraannya -mereka sangat suka bercerita dan ingin di dengarkan. Mereka akan sangat senang jika kita merespon dengan baik, walau kita tak mengerti sekalipun. Bersama mereka kau akan melupakan hal -hal rumit dan berat yang menempeli otakmu.

Hari ini, salah satu hari dimana saya bersama mereka cukup lama. Menemani mereka (baca : mengasuh dengan asal -asalan, hehe) karena sang bunda sedang ada keperluan keluar kosan selama kira -kira 2 jam kurang. Banyak cerita, juga rasa agak sedih karena tahu bahwa mereka akan segara pindah kosan. Jepret sana, jepret sini dengan narsisnya. Yang membuat saya senang adalah karena mereka begitu pintar, begitu kritis, tetapi begitu polos layaknya anak -anak. Saya pasti merindukan mereka, kami memanggil mereka dengan kaka dan Dede, dan pada hari berikutnya saya akan mengenang mereka dengan amat menyenangkan.

Terima kasih untuk momen -momen sederhana yang membuat saya sangat senang. Semoga kalian juga begitu🙂

4 thoughts on “Sederhana Yang Menjadikan Bahagia

  1. Anak kecil memang seringkali membuat kita merasa bahagia… bahkan dari hal-hal yang sangat kecil. Sekedar senyum mereka, tawa mereka, bisa membuat seluruh penat menghilang. Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, pesona mereka… segala kepolosan dan rasa ingin tahu yang luar biasa🙂

    Saya di Bogor tinggal di rumah semang, dan di depan rumah tetangga baru saja punya bayi. Tambahan total sekarang ada tiga anak kecil yang sering saya lihat berlarian di depan rumah, terutama pada akhir pekan:mrgreen: rasanya lucu dan senang banget kalau ngeliat mereka begitu.

    …Hkeke… jadi curhat. Nice post, mbak. Semoga akan selalu tersimpan kenangan akan mereka di dalam hati mbak. Salam.😀

    Like

    • amin, semoga saja. makasih ya, ahmad (eh saya panggil ahmad ga apa-apa yah?):D
      iya, banyak senengnya ternyata melihat anak -anak itu. walau kadang bisa bikin pusing juga kalau terlalu nakal dan mood kitanya lagi ga beres:mrgreen:

      Like

Leave a Reply

