Nge -game !

Anda suka main game di sela waktu luang?

Saya sendiri tidak begitu freak dengan game –game, apalagi game online. Memang jika sudah menemukan kesenangan tersendiri dalam bermain satu game, biasanya saya ketagihan dan dalam beberapa hari akan sibuk bermain game itu saja. Tapi, seperti berlakunya hukum “Law of Deminishing Return” atau kepuasan yang semakin berkurang dengan seringnya mengkonsumsi sesuatu, maka begitupun dengan game. Seminggu kemudian saya akan merasa bosan dan malas memainkan game tersebut.

Di PC saya ada beberapa game fun ringan berjenis game house semisal zuma, bounce out, dan sebagainya. Saya tidak begitu berminat menyimpan game –game berat karena memang tidak terlalu suka. Dari kecil, game yang paling sering saya mainkan adalah solitaire dan spider solitaire dari Window! Haha. Sampai saya bisa beberapa kali memenangkan level paling sulit dari spider solitaire (setidaknya bagi saya sih begitu).

Nah, sejak kuliah game yang saya mainkan jadi bertambah. Ada kira –kira 3 game favorite yang sering saya mainkan –walau sekarang sudah sangat  bosan dan tidak pernah lagi memainkannya (sekarang saya jarang sekali main game). Game tersebut yaitu :

  1. Mistery Case File

Saya mendapatkan game ini dari teman, seperti biasa, game untuk Window. Sebenarnya ada 2 versi, dan saya suka dua –duanya. Game ini cukup sederhana sebenarnya, hanya membutuhkan ketelitian yang amat sangat dan vocabs yang banyak dalam bahasa inggris (tentu saja, karena ini berhubungan dengan kata –kata nantinya). Kita harus mencari benda –benda yang namanya tertera di kotak permainan. Ada banyak puzzle dengan batasan waktu yang variatif. Benda –benda tersebut tersebar secara acak dan di samarkan dengan begitu baik. Jadi, mesti konsentrasi.

Dalam versi yang lain, ada benda –benda yang tidak bisa ditemukan begitu saja dengan mengklik-nya. Tapi harus melalui tahapan yang panduannya telah diberikan di game tersebut. Kita juga bisa mendapatkan bantuan ‘hint’ jika takluk tidak bisa menemukan benda yang dimaksud (komputer akan membantu menunjukkannya), tapi tentu saja jumlah hint-nya sangat terbatas.

  1. Plants vs Zombies

Ini dia yang hype sekali di sekitar saya. Semua orang jadi kecanduan bermain zombie ini. Awalnya saya tidak tertarik karena tidak paham bagaimana cara mainnya, hehe. Ternyata setelah dicoba, saya jadi ketagihan dan berhenti bermain setelah bisa memainkan semuanya –walaupun yang level endless belum saya taklukan sampai sekarang xD

Cara bermainnya juga sederhana. Default-nya, kita bermain di pihak plants yang harus menjaga halaman rumah agar tidak di masuki zombie –zombie narsis. Berbagai macam tanaman (plants) bisa kita gunakan sebagai senjata dengan harga tertentu yang harus kita beli dengan poin yang kita kumpulkan dari serpihan cahaya  bunga matahari. Tentu saja kita diberi modal untuk membeli bunga matahari awal. Setelah itu, tergantung bagaimana strategi kita untuk membeli senjata –senjata tanaman tersebut dan menjaga halaman agar tetap aman dari serbuan zombie.

Tiap level, kekuatan senjata plants akan berkembang seiring dengan kekuatan zombie itu sendiri. Selain permainan utama, kita juga bisa memainkan puzzle  dan permainan –permainan lain yang serupa. Atau kita bisa berkebun –sekedar merawat tanaman agar bisa menghasilkan koin yang bisa kita gunakan untuk meng-upgrade senjata dan slot senjata.

Bagi yang tidak ingin repot, game ini sebenarnya memiliki mode cheat agar bisa mendapatkan poin bunga matahari tanpa susah –susah. Tapi saya tidak pernah mencobanya, berhubung malas mencari cara nge-cheatnya, dan juga malas karena itu hanya akan mengurangi keasyikan perjuangan saya berstrategi mengalahkan zombie. Karena disitulah letak asiknya permainan ini :p

  1. The Sims

Saya suka permainan ini karena saya bisa jadi semacam sutradara yang akan membuat sebuah cerita –lengkap dengan detail materinya. Tapi sayangnya, The Sims (yang saya punya versi The Sims 3) belum bisa memfasilitasi keinginan saya lebih canggih lagi😀.

Akhirnya saya cepat membosan. Setelah mencoba membuat beberapa karakter, dengan desain muka dan tubuh sesuai kehendak sendiri, dan juga karakternya, membangun rumah megah impian (yang didapat dari uang hasil nge-cheat, hehe), memainkannya sebentar, saya lalu menjadi bosan.

Dari versi ke versi, The Sims hampir sama saja. Memang ada perbedaan yang lebih canggih di sana –sini, tapi saya merasa lebih ribet karena harus memainkan karakter –karakter dengan rutininas harian yang begitu –begitu saja. Tapi bagian yang paling menyenangkannya tentu saja adalah membangun rumah lengkap yang mewah, dan nyomblangin dua karakter yang saya buat di rumah terpisah, haha (dan ini juga ribet, saya sampe lupa gimana caranya agar dua karakter itu bisa ada dalam satu dunia the sims yang saya buat).

Yah, nge-game memang asik. Bisa untuk bersenang -senang saja di sela kepenatan. Sebagai salah satu alternatif hiburan, boleh -boleh saja bermain game. Tapi tentunya selayaknya hukum yang sudah lazim kita ketahui, jika dilakukan dengan berlebihan tentu saja menjadi tidak baik buat diri kita. Kadang saya kagum dengan para maniak game yang koleksi CD game-nya sangat banyak dan bisa bermain di Playstation atau yang semacam itu. Saya sama sekali belum pernah mencobanya. Hanya suka bermain game di PC saja.

Nah, gimana dengan anda? Game apa yang anda sukai?

7 thoughts on “Nge -game !

  1. Wah, promosi game nih mbak?😛:mrgreen: Saya kadang-kadang nge-game, biasanya kalau lagi waktu bener-bener lowong. Yang dimainin? Ngg,, biasanya Angry Birds, The Sims 3, sama Warcraft😀

    Like

  2. –Asop–
    nha, itu justru lebih keren kayaknya. saya malah ga tau :p

    –ahmad alkadri–
    bisa dibilang promosi juga, hahaha, tapi ya cuma share aja. kayaknya game2 saya ini standar kok, banyak orang yang tau jadi ga perlu dipromosiin lagi:mrgreen:

    –danu akbar–
    saya juga kadang -kadang sih om. saya malah udah jarang nge-blog sekarang. makanya blog ini sepi terus:mrgreen:

    –mizzy–
    haha, apa pula itu. saya baru tau😯

    Like

Leave a Reply

