Lost In Silence

Ketika suatu hari kita menyadari bahwa apapun yang kita curhatkan kepada orang lain tak pernah benar –benar bisa mengubah diri kita, mungkin yang kita perlukan adalah berhenti sejenak dan merenung panjang. Tidak perlu lagi banyak berkata –kata dan meminta pendapat orang tentang bagaimana diri kita, karena berubah itu, sesungguhnya –menurut seorang teman (yang saya sepakat dengannya) adalah berasal dari dalam diri kita sendiri. Sesering apapun kita meminta pendapat orang tentang apa yang harus dilakukan, maka sesering itu pula kesia –siaan akan terus terjadi, karena kita tak pernah benar –benar berubah.

Sesering apapun kawan mengatakan, ‘dewasalah’, maka mungkin yang kita perlukan adalah berpikir lebih panjang dan merenung dalam diam tentang diri dan hidup kita secara keseluruhan.

Hei, bangunlah. Wake up. Inilah kehidupan nyata. Bukan lagi dongeng. Tak pernah ada dongeng. Jangan lagi terjebak dalam dongeng, karena ketika kita hidup di dalamnya, kita tak pernah tumbuh dewasa dalam berpikir.

Kemarin, ada sebuah kejadian yang melibatkan seorang kawan di dunia maya. Dan itu membuat saya terus berpikir ulang tentang diri saya sendiri, tentang kenapa saya tak pernah berubah. Saya terus memikirkannya beberapa hari ini. Dan saya, pada akhirnya berpikir untuk tidak pernah lagi mengatakan atau melakukan curhat lebay sambil menangis merengek karena bingung apa yang harus dilakukan.

Ada kalanya, kita seharusnya diam. Dan berpikir ulang tentang diri kita dan hidup kita keseluruhan. Diam, dengan cara yang kita bisa lakukan. Karena kadang, kata forgiveness atau  apologize pun tidak pernah benar –benar bisa mengubah kita, atau kondisi berpikir kita. Meminta maaf, lalu diam. Dan semoga kesadaran itu terus melekat.

Dan, apakah sesudah ini kita berubah atau justru lupa kembali?

Saya hanya memerlukan diam saat ini.

[Gambar dari sini]

One thought on “Lost In Silence

Leave a Reply

